Event

Meriahnya Attukal Pongala, Festival Khusus Wanita di India

Para lelaki silakan tunggu di rumah, ya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Festival Attukal Pongala (Wikipedia)
Festival Attukal Pongala (Wikipedia)

Guideku.com - Khusus selama satu hari lamanya, para wanita dari seluruh penjuru India akan berkumpul di Thiruvananthapuram, ibukota dari negara bagian Kerala untuk festival Attukal Pongala.

Festival Attukal Pongala dilaksanakan selama 10 hari di antara bulan Februari hingga Maret setiap tahun.

Di saat itu juga lah para wanita itu bisa merayakan kebebasan mereka tanpa rasa takut, mengingat tingginya tingkat kejahatan pada wanita di India saat malam tiba.

Namun, khusus selama Attukal Pongala, mereka bisa bebas berjalan-jalan di sekitar kota sejak dini hari sembari menyiapkan bahan-bahan untuk ritual yang akan dijalankan.

Festival Attukal Pongala (instagram.com/johannaheidorn)
Festival Attukal Pongala (Instagram/@johannaheidorn)

Attukal Pongala adalah festival yang ditujukan untuk dewi Bhadrakali yang telah menghapuskan kejahatan dan membawa kemakmuran pada pengikutnya.

Selama festival ini berlangsung, para wanita ini akan melakukan ritual memasak Pongala, semacam bubur yang terbuat dari campuran kelapa, gula, mentega, dan beras.

Pongala ini sendiri nantinya akan dimasak di dalam sebuah kendi berukuran kecil, kemudian diberikan sebagai persembahan pada sang dewi.

Festival Attukal Pongala (instagram.com/my_travel_diaries.1724)
Festival Attukal Pongala (Instagram/@my_travel_diaries.1724)

Festival ini sebenarnya berlangsung selama 10 hari. Namun pada hari kesembilan, Kota Thiruvananthapuram akan berubah menjadi wilayah khusus wanita.

Jutaan wanita akan hadir di acara ini, semuanya mempersiapkan kebutuhan untuk memasak Pongala dan mengubah jalanan di seputar kota ini menjadi dapur dadakan.

Yap, keunikan festival ini memang ada di proses memasak Pongala yang dilakukan di ruang terbuka dan dalam formasi mengelilingi Kuil Attukal Bhagavathy.

Jalanan di sana akan penuh sesak oleh para wanita, masing-masing mengawasi panci tanah liat yang diletakkan di atas api membara.

Festival Attukal Pongala (instagram.com/yolo_midz)
Festival Attukal Pongala (Instagram/@yolo_midz)

Para wanita ini kemudian akan mulai memasak Pongala untuk sang dewi dalam waktu bersamaan.

Prosesi memasak Pongala ini baru bisa dibilang selesai ketika busa berwarna putih telah terbentuk di bagian atas dan isi kendi pun meluap keluar.

Luapan ini menandakan bahwa sang Dewi telah menerima persembahan mereka dan sisa Pongala yang ada boleh dibawa pulang untuk dimakan bersama keluarga.

Festival Attukal Pongala (instagram.com/_vishnu_thilak)
Festival Attukal Pongala (instagram.com/_vishnu_thilak)

Bagi para wanita India, festival ini adalah perayaan yang diperuntukkan untuk membuat mereka ikut merasa spesial layaknya sang dewi.

Sebagai negara yang masih konservatif, hal-hal yang dapat dilakukan oleh para wanita India ini memang terbatas.

Namun, saat Attukal Pongala berlangsung, mereka bisa melupakan fakta tersebut barang sejenak dan bersenang-senang dengan sesama wanita.

Satu lagi fakta unik tentang Attukal Pongala: rakyat India percaya bahwa sang Dewi sendiri sebenarnya menyamar menjadi manusia dan ikut memasak Pongala bersama mereka, lho!

Hayo, bisa tidak kamu temukan sang dewi di tengah kerumunan para wanita ini?

Berita Terkait

Berita Terkini