Event

10 Potret Keseruan Guideku.com Saat di JIBB 2018

Ini nih yang sukses bikin tim Guideku.com terpana, baper, hingga betah lama-lama!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com - Seperti yang sempat diulas tempo hari, tim Guideku.com berkesempatan untuk mengunjungi JIBB 2018 atau Jogja International Batik Biennale 2018 di Jogja Gallery.

Dari sekian banyak pameran yang digelar JIBB 2018, kami dari Guideku.com beruntung karena dapat melihat uniknya batik yang telah digabungkan dengan aneka ragam seni rupa kontemporer.

Bukan cuma menambah pengetahuan, pameran bertema ''Batik dalam Seni Rupa Kontemporer'' ini juga sukses membuat kami terpana cukup lama dengan benak penuh tanya.

Mau tahu apa saja pameran di JIBB 2018 ini yang sukses bikin kami berdecak kagum sampai kelewat betah berlama-lama di hadapannya?

1. Kanvas kering berbentuk meliuk-liuk yang satu ini cukup untuk membuat kami bertanya ''Ini nggak salah masuk pameran kan, ya?'' Jawabannya tentu saja tidak, guys. Walau sepintas sederhana, kanvas ini juga dibuat dengan teknik pewarnaan khas batik.

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

2. Patung ini memiliki motif batik yang terukir di seluruh permukaannya. Udah gitu, ukurannya pun bukan main besarnya!

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

3. Perpaduan antara batik dengan tema motif modern. Yup, perhatikan baik-baik dan kamu akan menemukan gambar roket yang mengarungi konstelasi bintang di batik satu ini.

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

4. Lukisan karya Eko Nugroho yang penuh warna sekaligus bikin penasaran dengan makna di baliknya. Ada yang bisa bantu nemuin makna di balik tiga lukisan ini?

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

5. Sempat bikin kaget, mannequin setengah badan ini tergantung dari langit-langit Jogja Gallery dan kadang-kadang bisa bergerak sendiri, lho! Maksudnya sih karena kesenggol atau kena tiupan angin, guys! Nggak ada unsur mistis di sini, kok.

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

6. Komik yang dibuat dengan cara pewarnaan batik dan berisi gombalan yang sukses bikin baper nan ngakak.

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

Buat yang kepo, percakapan di komik ini kurang lebih seperti berikut:

''Halo, Cantik...''

"Eh, Mas Hari... Masuk, Mas!'' (Bukan ''Masuuuk, Pak Eko!'' ya, hehehe)

''Ayo kita berangkat...''

''Huh, kamu itu mas... ngajak pergi mulu! Eh say, tau gak? Mas Hari tuh selalu ngajakin aku pergi...''

''Oh ya? Sering begitu? Yah... kan cuman ngajak kamu pergi... trus, apa salahnya?''

''Dia ngajak pergi ke pelaminan, Mas!''

Nah, lho! Gimana, tuh?

7. Sudahi dulu ketawanya, mari kita lanjut ke kimono ini. Yup, kimono yang satu ini dibuat seniman mancanegara dan diberi motif batik, lho!

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

8. Ada juga seni yang menggabungkan foto-foto dalam proyektor dengan filter cap besi yang dipakai untuk membatik. Hasilnya? Bikin melongo!

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

9. Batik ini dibuat dari limbah kertas yang didaur ulang hingga menyerupai motif batik. Duh, butuh waktu berapa lama, nih?

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

10. Terakhir, lihat baik-baik. Iya, lihat baik-baik karena kain yang sepintas transparan ini sudah dilubangi dengan cap khusus batik dan bayangannya akan membentuk motif batik di dinding. Unik banget, kan?

10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)
10 Potret Keseruan JIBB 2018 di Jogja Gallery (Guideku.com/Amertiya)

 

Itulah 10 potret kenangan yang berkesan bagi tim Guideku.com dari pameran JIBB 2018. Kurang hari ini dan besok sampai pameran ditutup, lho! Kamu sudah berkunjung belum?

Berita Terkait

Berita Terkini