Event

Dari Gulingkan Truk sampai Aksi Vandal, Pesta Halloween Ini Rusuh

Pesta boleh, tapi nggak kelewatan juga sih

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Perayaan Halloween (Pixabay/27707)
Ilustrasi Perayaan Halloween (Pixabay/27707)

Guideku.com - Sebuah video viral di media sosial menunjukkan betapa rusuhnya perayaan Halloween yang terjadi di area Shibuya, Tokyo, Jepang.

Video berdurasi singkat tersebut diunggah oleh pemilik akun @sinrinet di twitter dan menunjukkan bagaimana pesta Halloween yang dilaksanakan berubah menjadi aksi vandalisme dan kekerasan.

Tidak tanggung-tanggung, sebuah truk bahkan sampai digulingkan sementara sebuah vending machine ikut dirusak.

Sementara itu, beberapa orang yang tampaknya bertanggung jawab atas kejadian tersebut malah terlihat asyik berdiri dan minum-minum di atas truk yang telah digulingkan.

Perayaan Halloween Rusuh di Shibuya (twitter.com/sinrinet)
Perayaan Halloween Rusuh di Shibuya (twitter.com/sinrinet)

 

Daerah Shibuya sendiri memang sudah terkenal kerap melakukan perayaan pesta Halloween bahkan seminggu sebelum Halloween datang.

Video di atas pun diambil pada tanggal 27 Oktober, yang mana merupakan pesta pra-Halloween.

Biasanya, pesta-pesta tersebut akan menyisakan banyak sampah di area Shibuya serta mengganggu warga sekitar.

Maka, tidak heran jika tindakan kali ini dinilai sudah keterlaluan. Banyak pula yang khawatir bagaimana jadinya perayaan Halloween saat tanggal 31 Oktober tiba nanti.

Walikota Shibuya, Ken Hasabe, bahkan sampai mengeluarkan pernyataan resmi dan mengimbau agar mereka yang ingin berpesta lebih memperhatikan sopan santun.

Perayaan Halloween Rusuh di Shibuya (twitter.com/sinrinet)
Perayaan Halloween Rusuh di Shibuya (twitter.com/sinrinet)

 

Pernyataan tersebut berbunyi, ''Akhir pekan lalu, banyak laporan mengenai tindakan tidak pantas di area Shibuya saat perayaan Halloween.

Ada aktivitas kriminal yang terjadi dan berujung pada laporan kerusakan. Oleh karena itu, pemerintah daerah Shibuya akan lebih berkoordinasi dengan penegak hukum.

Sebagai tambahan, orang-orang yang berperilaku tidak sopan ini adalah mereka yang tidak memiliki rasa cinta atau hormat sama sekali terhadap lingkungan Shibuya.

Ada banyak orang yang ingin menikmati Halloween tanpa menimbulkan keributan di lingkungan sekitar yang ada. Maka, kerusuhan ini tidak bisa dimaafkan.

Sekali lagi, saya mengingatkan agar siapa pun yang datang ke Shibuya tanggal 31 Oktober untuk merayakan Halloween agar bersikap lebih sopan dan taat pada hukum.''

Duh, nggak nyangka ya kejadian seperti ini bisa terjadi di Jepang yang terkenal tertib dan patuh terhadap hukum! Semoga saja hal ini tidak terulang ya, travelers!

Berita Terkait

Berita Terkini