Indonesia Jadi Tuan Rumah Champions Hub 2019, Pelatihan Barista Dunia

Champions Hub 2019 digelar pada 5-6 Maret 2019 di Jakarta.

Dany Garjito
Senin, 04 Maret 2019 | 21:30 WIB
Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Aleksander Borzenets)

Barista kopi di cofee shop. (Unsplash/Aleksander Borzenets)

Guideku.com - Champions’ Hub 2019 merupakan ajang bertemunya barista dunia dan Indonesia ditunjuk jadi lokasi gelaran event Champions’ Hub 2019 ini.

Seiring perkembangan industri kopi dunia, saat ini profesi barista mulai digandrungi banyak kalangan muda. Profesi ini pun kian melambung seiring maraknya kedai speciality coffee dan imej keren sebagai seorang barista.

Nah semakin banyaknya orang ingin menjadi barista membuat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Champions’ Hub 2019 yang digelar pada 5-6 Maret 2019 di Jakarta.

Baca Juga: Awet Muda dan Memesona, Begini 5 Gaya Liburan Sophia Latjuba

Disampaikan Stephanie Wibisono, Brand Manager Nuova Simonelli & Victoria Arduino Indonesia, Champions' Hub adalah ajang bertemunya barista dunia untuk mengasah kemampuan teknis dan non-teknis sebelum tanding ke panggung dunia, World Barista Champhionship, di Boston, Amerika Serikat, pada bulan April mendatang.

Indonesia siap gelar pelatihan Barista terbaik di Champions’ Hub 2019 [Suara.com/Firsta]
Indonesia siap gelar pelatihan Barista terbaik di Champions’ Hub 2019 [Suara.com/Firsta]

"Champions’ Hub merupakan program yang diprakarsai oleh Simonelli Group, pemimpin pasar mesin kopi dunia, untuk memberikan akses terhadap informasi yang relevan dan terbaru, dan juga pelatihan kepada para National Barista Champion untuk meningkatkan kinerja mereka dalam persiapan ke level internasional," ujar Stephanie, di Jakarta, Senin (4/3/2019), dikutip dari Suara.com.

Pada kesempatan yang sama, Maurizio Giuli, Head of Marketing & Communication Departement Simonelli Group mengatakan, Champions’ Hub dibentuk pada 2018 di mana kegiatan pertama diselenggarakan di Simonelli Group Headquarter di Belforte, ltalia.

Baca Juga: VIDEO: Penyelamatan Nelayan yang Seminggu Terombang-ambing di Laut

Champions’ Hub pertama terbuka hanya pada National Barista Champion, sedangkan Champions’ Hub Jakarta terbuka untuk semua barista.

"Misi dari Champions’ Hub adalah untuk memberikan dukungan kepada komunitas barista dalam memberikan informasi dan pelatihan secara mudah sehingga dapat meningkatkan kinerja mereka sebagai seorang barista," kata Maurizio.

Untuk gelaran event bergensi ini, PT Toffin Indonesia dipercaya sebagai fasilitator yang memfasilitasi seluruh kebutuhan teknis dan non-teknis selama acara berlangsung.

Baca Juga: Niat Liburan Asyik di Malaysia, Turis Ini Malah Dijambret Pria Bermotor

Champions’ Hub 2019 berisi seminar yang diikuti World Barista Championship, membahas mengenai peraturan kompetisi bagaimana barista harus menjadwalkan pelatihan sebelum kompetisi, serta mengenai pentingnya kopi disajikan secara fresh.

"Champions’ Hub Jakarta 2019 akan dihadiri lebih dari 38 barista dan pakar kopi dunia. Terpilihnya Tofiin Indonesia sebagai fasilitator kegiatan, karena memang sepak terjang perusahaan turut berkontribusi dalam memajukan industri kopi Tanah Air dalam bentuk suplai mesin kopi berkualitas," tambah Stephanie.

Di Champions’ Hub 2019 peserta juga dapat melakukan role play untuk melakukan rutinitas kompetisi. Seminar dan pelatihan tersebut akan disampaikan oleh pakar-pakar kopi dunia, antara lain Lauro Fioretti (2016 WBC Certified Judge), Dale Harris (2018 World Barista Champion), Mathieu Theis (2018 3rd World Barista Champion), Hidenori lzaki (2014 World Barista Champion), Michael Yung (WCE Head Judge), Samo Smrke (Coffee Scientist).

Baca Juga: Viral Aksi Kucing Minum dari Dispenser, Super Gemas !

Event kopi di Indonesia ini juga turut dihadiri oleh Mikael Jasin (2019 Indonesia Barista Champion), Tom Balerin (French Barista Champion), Carlos De La Torre (Mexican Barista Champion).

"Salah satu kunci keberhasilan seorang barista adalah memilih peralatan atau mesin kopi yang tepat sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas. Sejak hadir di Indonesia, kami berkomitmen untuk mendukung skill barista dari sisi produk," pungkas Stephanie. 

SUARA.com/Firsta Nodia

Berita Terkait TERKINI
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Mengikuti kisah Harley Quinn yang, setelah putus dengan Joker, dihadapkan pada ancaman Roman Sionis, penguasa kejahatan ...
event | 09:06 WIB
Tampilkan lebih banyak