Melalui YAA 2021, ARTJOG Dukung Geliat Seniman Muda di Tengah Pandemi

Berikut daftar seniman muda yang meraih penghargaan Young Artist Award 2021 di ARTJOG MMXXI.

Arendya Nariswari
Rabu, 18 Agustus 2021 | 20:48 WIB
Proses penjurian peserta YAA 2021. (Dok. ARTJOG)

Proses penjurian peserta YAA 2021. (Dok. ARTJOG)

Guideku.com - Sudah berlangsung sejak ARTJOG 2013, seniman muda berusia di bawah 33 tahun mendapatkan apresiasi lewat Young Artist Award (YAA). 

Program ini bertujuan untuk mendukung  kiprah para seniman muda agar dapat terus mengembangkan praktiknya melalui riset dan penciptaan yang  lebih memadai.

Pada pelaksanaannya, ARTJOG telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Yayasan  Museum Modern and Contemporary Art Nusantara (MACAN) pada 2019, Dinas Kebudayaan DIY, dan tahun  ini mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  

Baca Juga: Tak Sengaja Cek BPOM Indomie, Orang Ini Kaget Temukan Rasa Baru

Pemilihan pemenang YAA melibatkan para seniman, kurator, sejarawan dan kritikus yang ditunjuk  khusus sebagai tim juri. Dalam proses penjurian, tim juri menetapkan beberapa kriteria.

Pemenang Young Artist Award (YAA) 2021, Nurrachmat Widyasena. (Dok.ARTJOG)
Pemenang Young Artist Award (YAA) 2021, Nurrachmat Widyasena. (Dok.ARTJOG)

Pertama, relevansi  ide kreatif seniman dengan tema kuratorial ARTJOG. Kedua, ide, gagasan, atau konsep yang ditawarkan  seniman memiliki kekayaan informasi dan mudah dipahami oleh pengunjung. Ketiga, presentasi akhir  karya di ruang pameran. Selain itu, nilai plus juga diberikan kepada seniman yang menawarkan hal baru  melalui eksperimen dan kekayaan eksplorasi medium artistiknya.  

Untuk ARTJOG MMXXI Time (to) wonder, tim kurator telah menyeleksi 12 orang seniman muda dari  ratusan proposal yang masuk melalui skema panggilan terbuka.

Baca Juga: Spesial Kemerdekaan, Pria Ini Bikin Kue Monas Setinggi 1 Meter

Nominasi untuk YAA 2021 adalah: Bonggal  Jordan Hutagalung, Citra Sasmita, Enka Komariah, Galih Adika Paripurna, Nurrachmat Widyasena, Oggz  (Yogi Septifano), Riono Tanggul Nusantara, Sekarputi Sidhiawati, Suvi Wahyudianto, Timoteus Anggawan  Kusno, Utami Atasia Ishii, dan Vienasty Rezqina.  

Pemenang Young Artist Award (YAA) 2021, Bonggal Jordan. (Dok.ARTJOG)
Pemenang Young Artist Award (YAA) 2021, Bonggal Jordan. (Dok.ARTJOG)

Proses penjurian YAA ARTJOG tahun ini melibatkan tim juri yang terdiri dari Agus Suwage (seniman), FX.  Harsono (seniman), dan Tim Kurator ARTJOG MMXXI.

Tiga seniman muda yang akhirnya terpilih menjadi  pemenang adalah Bonggal Jordan Hutagalung dengan karyanya Magnificent Set of Disposable Virtue,  Nurrachmat Widyasena dengan karya instalasi PT Besok Jaya Taimket WP 01 dan Suvi Wahyudianto dengan karya Telepresence After 20th. 

Baca Juga: Nggak Habis Pikir, Orang Ini Bikin Spageti Carbonara Pakai Susu Cokelat

Selain melalui program Young Artists Award, ARTJOG menciptakan ruang presentasi alternatif baru bagi  para seniman muda dalam program: JAW Special Project.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas  mutu dan karakter para seniman muda; baik dari segi kekaryaan maupun praktik kerja pengelolaan  peristiwa seni. JAW Special Project 2021 yang didukung oleh Dinas Kebudayaan DIY telah memilih 5  proposal yang masuk melalui skema panggilan terbuka. Kelima proposal tersebut nantinya akan  mendapatkan pendampingan terkait manajemen penyelenggaraan, pengarahan lokasi, dan dana stimulus  operasional penyelenggaraan. 

Baca Juga: Bocah Pasrah Ikut Lomba Makan Kerupuk, Warganet: Pasti Dipaksa Emak Nih

Berita Terkait TERKINI
Ada banyak promo menarik saat kamu memutuskan liburan pakai kartu kredit....
event | 16:59 WIB
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Tampilkan lebih banyak