Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu aplikasi pembukuan keuangan, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Arendya Nariswari
Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:04 WIB
Ilustrasi pekerja kantoran. (Pixabay)

Ilustrasi pekerja kantoran. (Pixabay)

Guideku.com - Di masa serba digital, semua hal bisa dilakukan secara mudah melalui sistem online, tanpa terkecuali dalam hal pencatatan transaksi keuangan. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mempermudah pencatatan adalah dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan.

Ada banyak aplikasi pembukuan yang kini bisa di download dan digunakan melalui perangkat ponsel maupun komputer Anda. Namun, pastikan Anda memilih aplikasi pembukuan yang memberikan fitur terlengkap agar pembukuan keuangan bisa lebih maksimal lagi.

Manfaat yang bisa dinikmati dengan menggunakan aplikasi pembukuan sangatlah banyak, namun satu yang pasti, tidak akan ada kekeliruan dalam hal perhitungan selagi Anda menginput data dengan benar. Penasaran dengan aplikasi bisnis satu ini?

Apa Itu Aplikasi Pembukuan Keuangan?

Aplikasi pembukuan keuangan merupakan perangkat lunak alias software yang dibuat secara khusus untuk mempermudah urusan bisnis, lebih tepatnya di bidang pembukuan keuangan.

Perangkat lunak ini dirancang guna memproses segala macam proses pencatatan atau pembukuan transaksi keuangan perusahaan secara cepat, akurat, aman, dan juga memudahkan.

Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya
Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya

Untuk kategori aplikasi pembukuan sederhana, biasanya sudah mencakup modal, kewajiban, keuntungan, harta, dan biaya lainnya.

Untuk mendapatkan aplikasi bisnis pembukuan keuangan sangat mudah, karena sekarang sudah banyak perusahaan IT yang meluncurkan aplikasi tersebut. Akan tetapi, guna menemukan aplikasi terbaik yang cocok untuk perusahaan Anda, tentunya memilih dengan teliti perlu dilakukan.

Fitur dalam Aplikasi Pembukuan Keuangan

Salah satu aplikasi pembukuan keuangan yang banyak digunakan karena memberikan fitur-fitur terbaik adalah Mekari Jurnal. Di sana Anda bisa mencatat seluruh transaksi keuangan dengan mudah karena interface-nya yang sederhana, namun fiturnya lengkap seperti berikut ini:

1.     Aplikasi Pembukuan

Fitur pertama yang bisa membantu Anda mengelola pembukuan keuangan adalah “Pembukuan”. Dengan fitur ini, sangat memungkinkan bagi pelaku usaha untuk mencatat segala macam transaksi keuangan secara otomatis.

2.     Aplikasi Inventory

Aplikasi pembukuan keuangan juga dilengkapi dengan fitur “Inventory”, yang mana dapat digunakan untuk memantau inventory perusahaan secara real-time.

Dengan demikian, pelaku usaha bisa melihat progres inventory perusahaan dari waktu ke waktu karena sifatnya real-time.

3.     Aplikasi Stok Barang

Tak hanya fokus pada pembukuan keuangan, aplikasi pembukuan keuangan ini juga akan membantu Anda dalam hal memantau persediaan barang bahkan pengelolaannya.

Pencatatan stok barang bisa dilakukan dengan waktu yang cepat, sehingga pekerjaan akan lebih ringan dengan aplikasi bisnis ini.

4.     Aplikasi Gudang

Fitur keempat yang bisa dinikmati dan digunakan oleh pelaku usaha adalah “Gudang”. Fungsi dari adanya fitur ini adalah untuk memonitor status perpindahan barang antar gudang.

Anda pasti tahu betul bahwa proses keluar masuk barang di gudang sangatlah rumit, sehingga adanya fitur ini akan sangat membantu.

5.     Aplikasi Invoice

Ada juga fitur “Invoice” yakni fitur yang digunakan untuk membuat invoice secara otomatis dengan memanfaatkan template yang telah disediakan.

Template yang tersedia di aplikasi bisnis pembukuan keuangan ini tergolong professional, sehingga tidak akan mengecewakan.

Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya
Aplikasi Pembukuan Keuangan: Pengertian dan Manfaatnya

 

6.     Aplikasi Laporan Keuangan

Nah, fitur ini pastinya sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha, yakni “Laporan Keuangan”. Pasalnya, setiap periode tertentu pelaku usaha pasti akan membuat laporan keuangan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pelaporan pajak, kemudian menghitung laba, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur ini, Anda sebagai pelaku bisnis dapat mempersingkat dan mempercepat proses pembuatan laporan keuangan dengan baik, benar, dan pastinya sangat akurat.

Manfaat Aplikasi Pembukuan Keuangan

Berbagai manfaat yang menguntungkan bagi perusahaan bisa dinikmati ketika menggunakan aplikasi pembukuan keuangan.

Tak hanya menguntungkan di bidang pengelolaan catatan keuangan saja, tapi aplikasi ini sudah pasti akan membantu kinerja pegawai dalam perusahaan.

1.     Membuat Laporan Keuangan dengan Mudah

Perkembangan teknologi semakin hari semakin pesat, sehingga sangat memudahkan bagi para pelaku usaha karena dalam membuat laporan keuangan bisa dilakukan dengan aplikasi bisnis pembukuan keuangan.

Adanya aplikasi ini tidak mengharuskan Anda membuat laporan keuangan di balik meja dengan buku dan bolpoin, karena pencatatan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selagi perangkat ponsel maupun komputer masih terhubung dengan jaringan internet stabil.

2.     Laporan Lengkap

Aplikasi pembukuan keuangan ini akan membuat pelaku usaha bisa mendapatkan data secara detail, lengkap, dan transparan dalam menghasilkan laporan keuangan.

Aplikasi pembukuan keuangan juga mampu menunjukkan setiap informasi penting, baik mengenai aset perusahaan dan hal-hal penting lainnya.

Pasalnya, dari laporan keuangan yang dibuat secara otomatis dengan memanfaatkan pencatatan transaksi keuangan, Anda dapat mengetahui jumlah uang masuk begitupun uang keluar pada laporan keuangan dalam periode waktu tertentu.

Dengan laporan tersebut, Anda juga dapat mengetahui secara detail besaran laba maupun rugi perusahaan bila ada, kemudian membantu melihat daftar investasi perusahaan, dan memantau keuangan dengan baik.

3.     Efektivitas Waktu

Efektivitas waktu juga menjadi keuntungan besar Anda ketika menggunakan aplikasi pembukuan keuangan, karena tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual.

Pembuatan laporan keuangan secara manual membutuhkan ketelitian tinggi agar tidak ada kesalahan dalam pencatatannya dan ini sudah pasti membutuhkan waktu lama.

Namun, hal tersebut tidak perlu Anda lakukan lagi karena secara otomatis laporan keuangan akan terbentuk dengan bahan informasi atau transaksi yang dimasukkan secara berkala,

Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan tidak terlalu panjang atau lama, sehingga bisa dialokasikan pada kegiatan yang sama pentingnya. Intinya, dengan bantuan aplikasi pembukuan ini, Anda bisa menghemat waktu untuk membuat laporan keuangan.

4.     Terhindar dari Kesalahan Perhitungan

Jika menyusun laporan keuangan secara manual, Anda membutuhkan ketelitian tinggi karena apabila tidak tentu saja risiko salah dalam perhitungan semakin besar, apalagi jika banyak orang yang terlibat dalam pengerjaannya.

Namun, dengan menggunakan aplikasi pembukuan ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kesalahan selama input data transaksi dilakukan dengan benar.

Pasalnya, sistem akan membuat laporan keuangan dengan memanfaatkan transaksi data yang Anda input, sehingga tingkat kesalahan semakin kecil.

5.     Menjaga Aset Perusahaan

Persoalan aset perusahaan juga akan tercatat dalam aplikasi pembukuan, karena hal tersebut termasuk kekayaan bisnis.

Dengan adanya pencatatan mendetail tentang aset perusahaan, pelaku usaha akan mengetahui informasi up to date mengenai aset yang dimilikinya.

Melalui informasi mengenai aset perusahaan yang dimiliki, pelaku usaha bisa dengan mudah berpikir mengenai alokasi aset terbaik dan bisa mengatur rencana dalam jangka panjang untuk aset yang dimilikinya tersebut. Bukankah hal ini akan membantu pelaku usaha dalam menjaga aset dan mengalokasikannya dengan tepat?

6.     Lebih Akurat

Dalam melakukan penyusunan laporan keuangan, akurasi perhitungan keuangan sangat dibutuhkan karena hal tersebut untuk menghindari terjadinya kesalahan. Pasalnya, kesalahan dapat membuat situasi keuangan mendadak rumit karena catatan dan kondisi keuangan tidak sama.

Human error atau kesalahan yang dilakukan dalam pencatatan keuangan nantinya juga akan berimbas pada perkembangan bisnis kedepannya, karena data yang keluar tidak sesuai dengan kenyataan.

Padahal, untuk mengembangkan bisnis, tentu saja membutuhkan gambaran dari transaksi-transaksi yang telah berlalu.

Nah, dengan aplikasi pembukuan keuangan ini, penyusunan laporan keuangan sangat bisa dikerjakan secara akurat dan lebih cepat, sebab prosesnya otomatis menggunakan transaksi yang diinput secara berkala setiap waktunya.

7.     Transparan

Hadirnya aplikasi pembukuan secara digital ini juga bisa meminimalisir terjadinya kecurangan yang biasa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab ketika membuat laporan keuangan secara manual.

Pasalnya, dengan aplikasi ini aktivitas keuangan atau transaksi akan ditampilkan lebih detail secara transparan. Adanya transparansi ini sudah pasti akan menghindarkan perusahaan dari kecurangan apapun, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan.

8.     Aman

Apakah aplikasi pembukuan ini aman? Pertanyaan ini sangat banyak diajukan oleh mereka yang masih ragu hendak menggunakan aplikasi bisnis ini, padahal aplikasi ini dirancang untuk melindungi data-data perusahaan agar tidak bocor ke tangan yang tidak tepat.

Keamanan data pasti akan lebih terjaga, karena aplikasi sudah dilengkapi dengan sistem keamanan ketat yang mampu melindungi data-data terkait keuangan perusahaan secara maksimal.

Sistem keamanan tersebut biasanya berupa password, kemudian data authentication, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal ini tentu tidak bisa Anda dapatkan ketika menggunakan cara manual untuk menyusun pembukuan, karena jika tidak disimpan di tempat yang benar-benar aman, sudah pasti akan terjadi kebocoran data apalagi tim penyusunnya lebih dari satu orang.

9.     Fleksibel

Aplikasi pembukuan keuangan ini dirancang agar bisa digunakan secara fleksibel dan memudahkan penggunanya, sehingga proses pengerjaan laporan keuangan tidak harus dilakukan di tempat tertentu.

Penyusunan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, karena aplikasi bisa diakses di perangkat komputer maupun ponsel dengan mengandalkan jaringan internet. Apalagi aplikasi ini berbasis website dengan interface sederhana yang sangat mudah digunakan, sekalipun untuk pemula.

10.  Dapat Menyimpan Banyak Data

Tidak dipungkiri, masih banyak usaha yang menggunakan pembukuan secara manual misalnya saja menggunakan buku atau Microsoft Excel. Namun perlu diketahui, kedua pembukuan tersebut memiliki batas penyimpanan data, sehingga penyimpanan tidak boleh melampaui batas.

Hal tersebut tentu sedikit mengganggu apalagi jika usaha Anda mulai berkembang pesat dan banyak transaksi yang dilakukan. Akan tetapi hal tersebut tidak akan Anda jumpai ketika menggunakan aplikasi pembukuan, karena tidak adanya batasan penyimpanan data.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar tersebut, pastinya perusahaan bisa memuat laporan transaksi atau laporan keuangan dalam periode waktu lebih dalam, misalnya saja periode waktu tahunan.

Aplikasi ini juga akan membantu menyimpan data secara sistematis dan akurat, meskipun jumlah data yang dimasukkan sangatlah besar.

Dengan demikian, ketika Anda membutuhkan laporan atau detail data terkait transaksi tertentu, akan mudah mencarinya dengan mesin pencarian di dalam aplikasi.

Beberapa aplikasi pembukuan telah melengkapi sistemnya dengan penyimpanan cloud atau penyimpanan online, sehingga kapasitas penyimpanan data bisa lebih besar lagi.

Jadi, tidak perlu khawatir data-data terkait laporan keuangan akan hilang karena adanya pemberitahuan “Penyimpanan Penuh”.

Aplikasi pembukuan keuangan secara tidak sadar menjadi aplikasi bisnis penting yang harus dimiliki oleh pelaku usaha. Dengan bantuan aplikasi ini, pencatatan keuangan bisa dilakukan dengan mudah dan lebih teliti lagi, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan.

Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan dari Mekari.com, yakni Mekari Jurnal. Di sana sudah dilengkapi berbagai macam fitur yang menguntungkan pelaku bisnis, mulai dari fitur pembukuan hingga inventory dan masih banyak fitur lainnya.

Berita Terkait TERKINI
Ada banyak promo menarik saat kamu memutuskan liburan pakai kartu kredit....
event | 16:59 WIB
Ada berbagai program mudik gratis 2024 yang terlalu sayang dilewatkan....
event | 16:59 WIB
Film Tekken 2 Kazuyas Revenge ini akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) pukul 23....
event | 14:48 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Selasa (26/12/2023) akan menayangkan film Greenland pada pukul 21.00 WIB....
event | 14:35 WIB
Jadwal bioskop Trans TV malam ini, Minggu (25/12/2023) akan menayangkan film bergenre action/mandarin rilis tahun 2016 b...
event | 15:12 WIB
Berikut sinopsis film Batman v Superman: Dawn of Justice yang akan menghiasi layar kaca di bioskop Trans TV malam ini, M...
event | 14:59 WIB
Film Hacksaw Ridge ini dijadwalkan akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Minggu (24/12/2023) pukul 23.30 WIB....
event | 20:18 WIB
Film Hellboy (2019) akan menghiasi layar bioskop Trans TV hari ini, Minggu (24/12/2023) pukul 21.30 WIB. Film ini bergen...
event | 19:49 WIB
Film bergenre action yang dirilis tahun 2011, dan disutradarai oleh Olivier Megaton, yakni Colombiana dijadwalkan tayang...
event | 08:35 WIB
Film Wonder Woman (2017) akan tayang di bioskop Trans TV malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 21.30 WIB. Dibintangi Gal G...
event | 08:17 WIB
Tampilkan lebih banyak