Food

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Rasa Jagung dan Kuahnya Juara!

Kuah asinannya segar, jagung bakarnya mantap!

Dany Garjito

Ilustrasi Jagung Bakar Unsplash
Ilustrasi Jagung Bakar Unsplash

Guideku.com - Wisata di Bogor menjadi salah satu alternatif wisata di luar Jakarta, apalagi jika sudah weekend. Selain wisata alam, Kota Hujan ini juga memiliki wisata kuliner Bogor yang enak.

Salah satu wisata kuliner di Bogor yang enak dan unik adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Jika selama ini kita hanya mengetahui asinan itu dibuat dari buah-buahan dan sayuran, maka kuliner Bogor yang unik ini merupakan asinan dari jagung bakar.

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur ini beralamat di Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Nama kuliner jagung khas Bogor ini diambil dari nama penjualnya sendiri yang bernama Sabur (57). Sabur mengaku kuliner asinan jagung bakar khas Bogor ini sudah ada sejak tahun 1968.

Seperti dilansir Guideku.com dari Suara.com, Sabur mengatakan bahwa bapaknya yang pertama jualan asinan ini. Kalau Sabur mengaku baru jualan tahun 1980.

Segarnya kuah asinan dicampur dengan jagung bakar manis membuat asinan cita rasa makanan unik. Yang spesial di Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Bogor ini adalah kuahnya yang merupakan resep turun temurun dari orangtua Sabur.

Resep Asinan Jagung Bakar Pak Sabur ini tergolong sederhana.

Jagung manis dibakar menggunakan arang sampai matang. Lalu jagung bakar disisir menggunakan pisau hingga bijinya dipisahkan dari bonggolnya dan dituangkan di piring atau mangkuk.

Setelah disisir ke piring, jagung tersebut diberi irisan timun, gula, dan garam. Untuk takaran gula dan garam Sabur memberi satu atau dua sendok gula dan sedikit garam sebagai tambahan penyedap rasa.

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur [Suara.com/Rambiga]
Asinan Jagung Bakar Pak Sabur [Suara.com/Rambiga]

Lalu Sabur menyiram biji jagung bakar yang sudah ada di piring itu dengan kuah asinan racikannya. Jika ada yang mau tambah cabai rawit dan krupuk juga bisa.

Sabur juga mengklaim bahwa yang istimewa dari asinan jagung bakarnya ada pada kuahnya.

Resep kuah asinan jagung bakarnya dari ayah Sabur dan citarasanya tetap terjaga sampai sekarang. Yang membedakan adalah dulu pakai jagung biasa, sekarang jagung manis.   

Tampilan menu Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Bogor ini sederhana namun mampu menggugah selera makan. 

Warna merah dari sambal cuka berpadu kuning dan totol hitam dari jagung bakarnya membuat siapapun yang melihat ingin segera menyantapnya. 

Citarasa asam, pedas dari kuah dan manisnya jagung juga membuat asinan ini sangat segar dan cocok dimakan siang hari.

Harga Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Bogor yakni Rp 20 ribu per porsi. Jika ditambah pelengkap yaitu krupuk mie, harganya menjadi Rp 27 ribu. Murah kan?

Sabur mengaku biasanya dalam satu hari asinannya laku 60 porsi. Paling ramai pembeli hari Minggu karena banyak orang-orang dari luar Bogor yang tahu asinan ini pada datang untuk dijadikan oleh-oleh khas Bogor

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Bogor buka dari pukul 09.00 sampai 16.30 WIB. Jadi kalau kamu lagi liburan di Bogor, jangan lupa mencicipi wisata kuliner Bogor Asinan Jagung Bakar Pak Sabur ini. 

SUARA.com/Rambiga

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Coba Asinan Jagung Bakar Pak Sabur, Dijamin Ketagihan

Berita Terkait

Berita Terkini