Food

5 Kuliner Hari Kemerdekaan Ini Siap Bakar Semangat Nasionalisme!

Kamu sudah pernah cobain yang mana, guys?

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Nasi tumpeng, kuliner khas Hari Kemerdekaan RI. (Instagram/@kokogembul)
Nasi tumpeng, kuliner khas Hari Kemerdekaan RI. (Instagram/@kokogembul)

Guideku.com - Bicara tentang kuliner khas Indonesia, jangan ditanya lagi, deh. Nggak cuma jenisnya aja yang banyak, cita rasanya yang khas dan menggugah selera membuat kuliner Indonesia jadi idola banyak orang.

Ngomong-ngomong, kalian sudah pernah menikmati kuliner khas Hari Kemerdekaan RI belum?

Yup, 5 kuliner berikut merupakan makanan khas yang hanya dihidangkan menjelang 17 Agustus maupun tepat saat Hari Kemerdekaan saja, lho! Penasaran kan makanan apa aja? Berikut Guideku.com punya daftar lengkapnya untuk kalian.

1. Telok Abang

Telok Abang, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@niniswiworo)
Telok Abang, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@niniswiworo)

Kuliner Palembang yang satu ini terkenal banget lho, guys. Biasanya telur rebus berwarna merah ini dihidangkan khusus hanya pada tanggal 17 Agustus saja.

Telok Abang ini dibuat dari telur bebek maupun telur ayam. Jangan khawatir, meskipun warnanya mencolok, telur ini diwarnai dengan pewarna makanan yang aman kok.

2. Nasi Tumpeng

Hidangan khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@dcc_dian)
Hidangan khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@dcc_dian)

Nasi kuning yang satu ini nantinya akan dibentuk kerucut kemudian diletakkan di atas nampan. Nggak cuma itu aja, nasi tumpeng ini nantinya akan dilengkapi lauk pauk yang menggugah selera untuk disantap.

Diantaranya ada suwiran ayam, telur dadar yang dipotong panjang dan sambal goreng kentang. Pada tanggal 17 Agustus biasanya nasi tumpeng dihidangkan untuk memeriahkan lomba dan perayaan Hari Kemerdekaan RI.

3. Ayam Goreng Paniki

Ayam Goreng Paniki hidangan khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@imel_ungu)
Ayam Goreng Paniki hidangan khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@imel_ungu)

Kuliner Manado yang satu ini punya cita rasa pedas yang membakar lidah. Bagi pecinta pedas, sudah bisa dijamin kamu bakal ketagihan parah sama kuliner yang satu ini.

Kuliner yang satu ini cocok banget untuk dihidangkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI bareng nasi putih. 

4. Carabikang

Carabikang, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@jogjabikinlaper)
Carabikang, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@jogjabikinlaper)

Hampir mirip serabi, kuliner Jawa Tengah yang satu ini punya cita rasa manis dalam setiap gigitannya.

Nggak cuma itu aja, Carabikang punya warna menarik, yang bikin kamu gemas ingin melahapnya segera. Kuliner yang satu ini sering dijadikan camilan untuk perayaan hari kemerdekaa RI pada tanggal 17 Agustus.

5. Bandros

Bandros, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@wawawiati)
Bandros, kuliner khas hari kemerdekaan RI. (Instagram/@wawawiati)

Nggak kalah menarik dengan si Carabikang, kali ini ada kuliner khas Jawa Barat yang namanya Bandros. Hampir setiap perayaan hari kemerdekaan RI, pedagang Bandros selalu ada di tepi lapangan.

Nggak heran deh, kalau camilan yang satu ini jadi kuliner khas ketika merayakan Hari Kemerdekaan RI. Bandros ini paling enak jika dinikmati selagi hangat, guys. Kamu udah pernah cobain belum?

Berita Terkait

Berita Terkini