10 Kuliner Anti Mainstream Saat Idul Adha, Awas Kolesterol!

Kesehatanmu lho lur.

Dany Garjito
Selasa, 21 Agustus 2018 | 09:45 WIB
Kuliner Anti Mainstream Saat Idul Adha. (Pixabay)

Kuliner Anti Mainstream Saat Idul Adha. (Pixabay)

Guideku.com - Idul Adha identik dengan makan-makan, khususnya makan olahan daging kambing dan olahan daging sapi. Tapi bosen nggak sih kalau tiap Idul Adha masaknya gulai, rendang atau sate yang begitu-begitu aja?

Nah, buat kamu yang mau kuliner anti mainstream saat Idul Adha, Guideku.com punya referensinya nih!

Berikut 10 kuliner anti mainstream saat Idul Adha versi Guideku.com!

Baca Juga: Pallubasa Serigala, Kuliner Khas Makassar Favorit Sandiaga Uno

Bakso
Dapet daging sapi saat Idul Adha, digiling saja, lalu dibuat bakso. Sajikan bakso daging sapi lengkap dengan bihun saat masih hangat, tentu menjadi sajian kuliner Idul Adha anti mainstream.

Kambing oven
Kuliner anti mainstream saat Idul Adha berikutnya adalah kambing oven. Olahan daging kambing ini merupakan kuliner khas Timur Tengah. Kambing oven umumnya memanfaatkan bagian paha kambing yang dagingnya empuk.

Sop buntut
Kalau kebetulan dapat jatah daging buntut sapi, kamu bisa coba memasak sop buntut. Sajikan sop buntut lengkap dengan potongan wortel, kentang, tomat dan siram dengan kuah kaldu yang gurih.

Baca Juga: 5 Kuliner Kambing yang Jadi Idola Saat Idul Adha Khas Jawa Tengah

Tengkleng
Jangan sedih kalau dapat tulang dan jeroan saat Idul Adha. Coba saja bikin tengkleng. Kuliner anti mainstream saat Idul Adha ini tentu menjadi sajian alternatif yang lezat diantara olahan daging yang begitu-begitu saja.

Kari kambing
Olahan daging kambing anti mainstream saat Idul Adha berikutnya adalah kari kambing. Masakan ini akan sangat kaya dengan bumbu rempah. Kari kambing biasanya dibuat oleh masyarakat yang merayakan Idul Adha di Aceh.

Rabeg

Baca Juga: Kocak, 5 Kuliner Indonesia Ini Ternyata Punya Kembaran di Jepang

Rabeg. (instagram.com/@miasidqi)
Rabeg. (instagram.com/@miasidqi)

Kalau di Aceh ada olahan kari kambing, maka di Banten ada yang namanya Rabeg. Rabeg adalah masakan olahan jeroan kambing khas Banten. Ya, Rabeg biasanya tidak dari daging kambing, tapi dari jeroan kambing.

Perlu dicatat, mengolah jeroan kambing tidaklah mudah, karena kalau sampai salah, bisa-bisa Rabeg justru bau kambing.

Kambing bakar Balanga
Gorontalo juga tak mau kalah. Kuliner anti mainstream saat Idul Adha dari Gorontalo adalah Balanga. Kambing bakar Balanga, dinamakan demikian karena dalam proses memasaknya menggunakan belanga atau kuali besar dari tanah.

Baca Juga: Namaaz Dining, Restoran dengan Menu Unik di Jakarta Selatan

Empal gentong
Kuliner yang dimasak di dalam kuali atau belanga tidak hanya kambing bakar balanga khas Gorontalo, tapi juga ada empal gentong khas Cirebon.

Teksturnya yang mirip gulai, menjadikan empal gentong bisa kamu tambahkan dalam daftar kuliner Idul Adha anti mainstream.

Sate maranggi
Meskipun sama-sama sate, tapi sate maranggi ini bisa menjadi kuliner anti mainstream saat Idul Adha lho! Sate maranggi merupakan kuliner khas Purwakarta dengan bumbu yang sanggup membuat lidah bergoyang.

Burger
Selain dijadikan bakso, daging giling juga bisa diolah sebagai pelengkap burger. Kuliner olahan daging yang anti mainstream ini cocok juga kok disajikan saat kumpul bareng keluarga saat Idul Adha, coba deh!

Nah, itulah 10 kuliner anti mainstream saat Idul Adha versi Guideku.com!

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak