Food

Viral Gumpalan Aneh dalam Teh Kemasan, Bahaya Nggak Tuh?

Penemuan gumpalan ini sukses menghebohkan jagat maya.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Teh (Unsplash/quentinlagache)
Ilustrasi Teh (Unsplash/quentinlagache)

Guideku.com - Sebuah cuitan pengguna twitter mengenai penemuan benda berbentuk gumpalan dalam teh kemasan heboh dan membuat cemas netizen Indonesia.

Teh kemasan yang dimaksud di sini adalah teh yang dijual dalam wadah gelas plastik dan biasanya dibanderol dengan harga murah meriah.

Dalam cuitan tersebut, si pemilik akun bertanya, ''Jadi tadi aku beli teh yang dua ribuan. Baru nyedot dikit dong, ko kaya mampet, ini kan teh ga mungkin ada jellynya, aku buka deh. Ternyata isinya kaya gituan. Kalian lain kali hati-hati yaa''

Tak lupa, disisipkan pula foto teh kemasan yang sudah dibuka dan penampakan benda mirip gumpalan tisu basah yang berwarna kecokelatan.

Gumpalan dalam Teh Kemasan (twitter.com/tanyarl)
Gumpalan dalam Teh Kemasan (twitter.com/tanyarl)

 

Penemuan tersebut pun tentunya sukses membuat heboh dan lekas viral. Bahkan, ada netizen yang turut berkomentar bahwa dirinya pernah menemukan gumpalan serupa namun di merek teh kemasan berbeda.

Usut punya usut, kasus macam ini ternyata juga pernah menjadi viral beberapa waktu sebelumnya. Saat itu, ada yang menjelaskan bahwa gumpalan tersebut disebabkan oleh teh yang sudah basi.

Ada pula netizen yang menyertakan video dirinya membuka teh kemasan dan menemukan gumpalan yang cukup besar. Sontak, netizen tersebut pun membuang sekardus teh kemasan yang sudah dia beli.

Gumpalan dalam Teh Kemasan (twitter.com/setapakberbatu)
Gumpalan dalam Teh Kemasan (twitter.com/setapakberbatu)

 

Sementara itu, ada yang menjelaskan bahwa gumpalan tersebut disebabkan oleh proses koagulasi. Netizen ini berasumsi jika proses tersebut bisa diakibatkan oleh panas berlebih atau kemasan yang kurang rapat.

Tentu saja, teh yang memiliki gumpalan-gumpalan seperti ini tidak baik untuk dikonsumsi lagi karena sudah rusak dan basi.

Meski demikian, hingga berita ini diturunkan, masih belum ada penjelasan baik dari produsen teh kemasan terkait maupun dari BPOM.

Duh, hati-hati saat membeli teh kemasan ya, guys!

Berita Terkait

Berita Terkini