Food

4 Makanan Ini Harus Kamu Jual di Luar Negeri, Bikin Auto Kaya!

Siap hijrah buka restoran di luar negeri?

Tinwarotul Fatonah | Amertiya Saraswati

Makanan Indonesia yang Mahal di Luar Negeri (Wikimedia Commons)
Makanan Indonesia yang Mahal di Luar Negeri (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Bukan rahasia lagi kalau makanan Indonesia bisa dihargai mahal di luar negeri. Bukan cuma karena rasanya, beberapa makanan ini memang susah ditemukan dan dianggap sebagai kuliner mewah di sana.

Salah satunya adalah pecel lele, yang pernah dibahas Guideku.com sebagai salah satu kuliner mahal di Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, pecel lele di sana dibanderol dengan harga 2 juta rupiah.

Nah selain pecel lele, rupanya masih ada lagi makanan Indonesia yang mahal di luar negeri nih, travelers!

Hitung-hitung usaha, travelers mungkin bisa membuat atau menjual deretan makanan ini di luar negeri saat berkunjung ke sana. Dijamin auto kaya, deh.

Mau tahu makanan apa saja yang dicintai orang luar negeri tapi dihargai murah di Indonesia?

1. Mi Instan

Indomie (instagram.com/indomie)
Indomie (instagram.com/indomie)

Di Indonesia, mi instan adalah teman anak kos dan sobat misqueen di saat tanggal tua melanda. Cukup keluarkan uang Rp 3.000-an, sebungkus mie instan pun sudah bisa kamu peroleh.

Namun, di luar negeri, mi instan asal Indonesia terkenal mahal nih. Sebagai contoh, mi instan di Jepang bisa dihargai Rp 11.000.

Hm, boleh nih liburan ke Jepang bawa sekardus mi instan.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng (Unsplash)
Nasi goreng (Unsplash)

Nasi goreng adalah salah satu menu makanan rumahan yang bisa kita buat dengan mudah. Resepnya juga cukup simpel, tinggal mencampurkan nasi, telur, kecap, dan garam.

Di warung pun, nasi goreng biasanya dapat kita peroleh dengan harga sekitar Rp 15.000-an saja. Namun, siapa sangka kalau nasi goreng di Amerika Serikat dihargai sampai sepuluh kali lipatnya atau nyaris mencapai Rp 150.000?

Duh, bikin mendadak pengen buka warung nasi goreng di sana nih!

3. Bakso

Bakso (Wikipedia)
Bakso (Wikipedia)

Meski tak semudah nasi goreng, membuat bakso juga bukan perkara yang terlalu susah. Bakso juga dapat ditemukan nyaris di seluruh penjuru Indonesia.

Di sini, kebanyakan warung bakso menjajakannya dengan harga yang tak jauh berbeda, yaitu sekitar Rp 15.000-an. Kita juga dapat menemukan aneka varian bakso yang nggak bikin bosan.

Namun, di Singapura, bulatan-bulatan daging yang satu ini bisa dihargai Rp 50.000 seporsinya, lho! Waduh!

4. Gorengan

Pisang Goreng (Wikimedia Commons)
Pisang Goreng (Wikimedia Commons)

Terakhir, ada makanan favorit rakyat Indonesia yang bisa diperoleh dengan harga murah, yaitu cukup seribuan saja.

Yup, di sini, membeli pisang goreng atau tempe goreng adalah hal biasa. Cukup bawa uang sepuluh ribu saja, kamu dijamin bakal puas.

Namun, di Eropa, tempe rupanya dijual dengan harga Rp 30.000 per potongnya. Sementara pisang goreng malah lebih ekstrem lagi, yaitu sekitar Rp 85.000!

Nah itulah 4 makanan Indonesia yang mahal di luar negeri. Duh, daripada beli di sana, mending kita jadi yang jualan aja nggak sih sobat travelers?

Berita Terkait

Berita Terkini