Food

Barista Tekoff Coffee Jogja: Posisi Tuang Air Bisa Ubah Rasa Kopi

Fakhri juga menjelaskan beda brewers, barista, cup tester, dan latte artist.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Kopi Manual Brew (Guideku.com/Amertiya)
Kopi Manual Brew (Guideku.com/Amertiya)

Di Tekoff Cafe sendiri, terlihat Fakhri menggunakan alat manual brew yang terbuat dari keramik putih saat menyajikan kopi ke tim Guideku.com tadi.

Proses Membuat Manual Brew (Guideku.com/Amertiya)
Proses Membuat Manual Brew (Guideku.com/Amertiya)

Guideku.com cukup beruntung untuk mencoba dua jenis biji kopi pada kunjungan kali ini. Sepintas tampak memiliki warna cokelat kehitaman yang serupa, ternyata keduanya memiliki cita rasa berbeda yang cukup memberi kejutan di lidah kami.

Kopi manual brew pertama menggunakan biji yang berasal dari Kalimantan. Kali pertama menyentuh lidah, kopi ini memberikan cita rasa asam seperti buah. Namun, di tegukan berikutnya, rasa kopi tersebut berubah menjadi pahit.

BACA JUGA: Beri Kunci Lalu Pulang, Pemilik Nggak Tahu Penginapannya untuk Pesta Seks

Kedua rasa tersebut terus berpadu, berkelindan, dan membuat lidah bingung. Namun, anehnya kami tetap merasa nagih dan terus meneguknya hingga tandas.

Sementara untuk kopi kedua, rasanya jauh lebih mengejutkan dan spesial lagi. Tak perlu jauh-jauh, kali ini Fakhri menggunakan biji dari Temanggung.

''Bisa diliat ini udah ditulis roasternya ada rasa vanilla, chocolate, dan bergamot,'' kata Fakhri saat menyajikan gelas kedua.

BACA JUGA: 5 Alasan Barista Adalah Jodoh Terbaik Kamu, Awas Baper Sis

Yang dikatakannya tersebut tidak salah. Manual brew yang kedua ini memiliki rasa asam yang tidak sekuat manual brew pertama.

Berita Terkait

Berita Terkini