Food

Penuh Dedikasi, Segini Cokelat yang Harus Dicicipi Seorang Chocolate Tester

Tak hanya berbekal keahlian tapi juga sebuah dedikasi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Aditya Prasanda

(The Chocolate Tester Official)
(The Chocolate Tester Official)

Guideku.com - Di balik sebatang cokelat yang lezat, terdapat peran penting sang penguji cita rasa, chocolate tester.

Profesi vital yang mengharuskan si empu memiliki kepekaan untuk memilah dan memilih cokelat terbaik ini dilakoni dari tahun ke tahun oleh Georg Bernardini.

Tak tanggung-tanggung, sebagai chocolate tester, Benardini harus mencicipi sekitar 31.7 kilogram cokelat setiap tahunnya.

Tugas utamanya mengevaluasi segala hal tentang cokelat, mulai dari penampilan, aroma, rasa, lelehan hingga kualitas cokelat secara menyeluruh.

Saat menjalankan tugasnya, Bernardini akan melakukan penilaian dan menelurkan 100 poin untuk setiap produk cokelat yang ia cicipi.

Ilustrasi Cokelat (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi Cokelat (Pixabay/congerdesign)

Dari sekian cokelat yang ia coba, sebanyak 30 di antaranya akan dijadikan bahan baku pembuatan cokelat.

Georg Bernardini kemudian akan mengevaluasi tingkat keselarasan sajian cokelat tersebut. Ia akan menimbang kelayakan kualitas cokelat dengan harga dan tampilan kemasannya.

Bukan tanpa risiko, Bernardini mengaku, menjadi seorang chocolate tester begitu memengaruhi pola makannya.

(Pixabay Alexander Stein)
(Pixabay Alexander Stein)

Ia pun harus cermat menentukan jadwal cicip cokelat setiap harinya agar tidak mengalami kenaikan berat badan nan drastis.

''Saya tetap butuh istirahat, bahkan saya tidak bisa mengonsumsi cokelat hingga beberapa hari. Selain itu, memakan cokelat yang kaya gula membuat saya mudah lapar, bahkan berat badan saya sempat naik hingga 10 kilogram,'' ungkap Georg Bernardini, seperti dikutip Guideku.com dari Design Taxi.

Sebelum melakoni pekerjaannya sebagai chocolate tester, Bernardini merupakan salah saeorang pattisier di salah satu restoran Perancis dengan bintang Michelin.

Hingga hari ini, Georg Bernardini telah mencicipi lebih dari 6 ribu produk cokelat dari 550 perusahaan di 70 negara yang berbeda.

Berita Terkait

Berita Terkini