Food

Nasi Kapau Hj. Zaidar, Sajian Legendaris Urang Minang di Tanah Jakarta

Kelezatan melegenda di kota nan serba cepat dan kian pepat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Aditya Prasanda

(Instagram Wira Hardiyansyah)
(Instagram Wira Hardiyansyah)

Guideku.com - Membentang di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta, kios Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar menyuguhkan cita rasa asli khas Ranah Minang di ibu kota nan pepat dan sesak.

Melalui gerai yang berdiri di flyover Kramat Raya ini, kita tak perlu jauh-jauh menikmati kelezatan puspa rasa nasi kapau di negeri asalnya di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Sebab kios Hj. Zaidar menjajakan semua syarat lengkap yang harus dimiliki warung nasi kapau.

(Instagram Bengbeng PAS)
(Instagram Bengbeng PAS)

Sekitar 50 lauk yang disusun dalam baskom di etalase ini antara lain terdiri dari gulai tambusu, gulai jeroan, gulai telur bebek, itiak lado mudo, dendeng batokok, paru goreng, ayam pop hingga rendang.

Dua di antara menu tersebut tak akan kita temukan di warung nasi Padang biasa sebab merupakan maskot nasi kapau, yakni gulai tambusu dan itiak lado mudo.

Gulai tambusu nan ikonik terbuat dari kelindan tahu dan telur yang dimasukkan ke dalam usus sapi yang telah dibersihkan, sedangkan itiak lado mudo, diracik dari daging bebek yang dicampurkan bermacam rempah dan cabe hijau nan kaya.

Ciri khas lain yang membuat nasi kapau berbeda dengan nasi Padang yakni baluran nangka, kol, kacang panjang dan kuah yang lebih encer dengan cita rasa sedikit lebih asam.

(Instagram Wira Hardiyansyah)
(Instagram Wira Hardiyansyah)

Jika ingin merasakan sensasi kelezatan nasi kapau yang telah berdiri sejak tahun 1993 ini, sambangilah kios Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar yang buka sejak pukul 12.00 siang hingga 02.00 dini hari.

Berita Terkait

Berita Terkini