Food

Vakansi ke Kalimantan Selatan, Cicip 5 Kuliner Khas Bumi Lambung Mangkurat

Cita rasa melegenda dari Selatan Kalimantan.

Tinwarotul Fatonah | Aditya Prasanda

Ilustrasi Suku Dayak (Pixabay/darwisalwan)
Ilustrasi Suku Dayak (Pixabay/darwisalwan)

Guideku.com - Bervakansi ke Kalimantan Selatan, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi sederet kuliner khas Bumi Lambung Mangkurat.

Beberapa di antaranya Guideku.com himpun dalam 5 kuliner wajib khas Kalimantan Selatan yang wajib kamu cicipi berikut. Apa saja?

Amparan Tatak

(Instagram Staceyjlsong)
(Instagram Staceyjlsong)

Kue tradisional khas Kalimantan Selatan ini bernama amparan tatak, terbuat dari campuran santan, tepung beras dan tepung sagu yang dipadankan dengan buah pisang.

Teksturnya yang lembut, berkelindan dengan rasa manis dan gurih, mudah membuat siapa saja jatuh cinta dengan jajanan satu ini.

Tak heran, amparan tatak kerap dihadirkan di beragam acara ramah tamah, baik bersama keluarga maupun kolega. Terlebih saat bulan Ramadhan tiba.

Tak kalah menarik dengan cita rasanya nan khas, cara mengolah amparan tatak pun tak dapat sembarangan lho.

Masyarakat setempat percaya, amparan tatak dan kue-kue basah khas Banjar lainnya tidak boleh diolah oleh mereka yang tengah menjalani masa menstruasi.

Konon, jika pantangan ini dilanggar, amparan tatak yang dibuat terancam memiliki cita rasa yang tak lezat, hingga warna dan bentuk yang tak menarik.

Iwak Pakasam

(Wikimedia Iwak pakasam)
(Wikimedia Iwak pakasam)

Makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan ini bernama iwak pakasam. Masyarakat setempat juga kerap menyebutnya sebagai iwak basamu.

Untuk mengolahnya, terlebih dahulu iwak pakasam akan melalui proses pengawetan sebelum dimasak dan dikonsumsi.

Kuliner khas ini biasanya terbuat dari ikan air tawar macam seluang, sepat, pepuyu, magki, puyau hingga haruan (gabus).

Gangan Humbut

(Instagram Dapur Halal Mama Aisy)
(Instagram Dapur Halal Mama Aisy)

Gulai sayur tradisional khas Kalimantan Selatan ini memiliki cita rasa manis nan gurih. Masyarakat setempat menyebutnya gangan humbut.

Perpaduan rebung dan iga sapi dengan siraman kuah nan kaya rempah membuat siapa saja mudah jatuh hati dengan kelezatannya.

Makanan bersantan yang kian sempurna disantap bersama nasi hangat ini kerap disajikan saat acara hajatan dan perkawinan di Kalimantan Selatan.

Gangan Asam Banjar

(Instagram Desy Ama Rafka)
(Instagram Desy Ama Rafka)

Menggunakan ikan haruan sebagai bahan utama, gangan asam dengan kelindan cita rasanya yang gurih, sedikit asam dan segar menjelma salah satu makanan wajib yang dapat ditemukan nyaris di setiap sudut warung makan di Kalimantan Selatan.

Warnanya yang khas berasal dari kandungan kunyit dan rempahnya yang kaya.

Manday

(Instagram Nisya 1334)
(Instagram Nisya 1334)

Manday, kuliner khas Kalimantan Selatan ini menggunakan kulit cempedak yang diawetkan sebagai bahan dasar pembuatannya.

Untuk membuat manday, kulit cempedak harus diawetkan terlebih dahulu menggunakan air yang dicampur garam, lantas ditutup rapat dalam waktu yang cukup lama.

Konon semakin lama diawetkan, rasa manday kian istimewa. Setelah selesai diawetkan, manday dapat dimasak dengan bermacam cara, digoreng, digulai bahkan dibakar.

Berita Terkait

Berita Terkini