Food

Mengenal Enting-enting, Jajanan Lebaran Khas Tulungagung

Gurih, manis dan lezat.

Dany Garjito | Aditya Prasanda

(Instagram Notsolonelyeater)
(Instagram Notsolonelyeater)

Guideku.com - Jajanan lebaran khas Tulungagung, Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang memikat dengan perpaduan gula merah dan kacang tanahnya yang gurih. Masyarakat setempat menyebutnya enting-enting.

Berbeda dengan jajanan tradisional lainnya, enting-enting termasuk kue kering yang memiliki tingkat keawetan cukup lama, betapapun diolah tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Konon, hal ini disebabkan gula jawa sebagai bahan dasar enting-enting mengandung bahan pengawet alami yang telah digunakan sejak zaman dahulu.

Untuk mengolah enting-enting, gula merah dimasak bersama air di dalam tungku. Setelah mencair, olahan enting-enting ditaburi kacang sebelum akhirnya dibentuk kecil-kecil hingga mengering.

Kenikmatan jajanan tradisional ini juga berasal dari kandungan takaran airnya yang pas. Sehingga tidak menghasilkan enting-enting dengan cita rasa manis yang berlebihan.

Selain itu timing pengolahan dan pecampuran bahan menjadi faktor penting yang menentukan tingkat kenikmatan camilan khas ini.

(Instagram Oleh2 Djogja)
(Instagram Oleh2 Djogja)

 

Di Desa Gesikan, Kecamatan Pakel, salah satu kawasan penghasil enting-enting dengan kualitas terbaik di Tulungagung, enting-enting masih diolah dengan cara tradisional.

(Instagram Notsolonelyeater)
(Instagram Notsolonelyeater)

 

Industri rumahan enting-enting yang ada di desa ini bahkan mampu melintasi empat generasi hingga hari ini konsisten dijajakan ke berbagai pasar tradisional setempat.

Berita Terkait

Berita Terkini