Jokowi - Prabowo Brunch, Cebong vs Kampret Berakhir di Stasiun

Restoran yang dipilih untuk santap siang adalah "Sate Khas Senayan" yang berlokasi di lantai dasar FX Sudirman.

Dany Garjito
Minggu, 14 Juli 2019 | 07:52 WIB
Jokowi - Prabowo bertemu di MRT. [Suara.com/Ema Rohimah]

Jokowi - Prabowo bertemu di MRT. [Suara.com/Ema Rohimah]

Guideku.com - Akhirnya Jokowi dan Prabowo bertemu dalam satu gerbong. Bukan gerbong politik memang, melainkan gerbong kereta. Persamuhan itu diharap bisa mengakhiri duel cebong versus kampret.

JOKOWI DAN PRABOWO SUBIANTO, seteru dalam Pilpres 2019 akhirnya bersamuh untuk kali pertama pasca kontestasi politik itu selesai, Sabtu (13/7/2019).

Keduanya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu pagi. Jokowi dan Prabowo lantas menumpangi kereta ke Stasiun Senayan untuk bersantap siang di restoran dalam Mal FX Sudirman.

Baca Juga: Dianggap Serobot Antrean Masuk Resto, Kaesang: Saya yang Punya

Persamuhan itu terbilang mengejutkan. Sebab, hingga Jumat (12/7) pagi, belum ada tanda-tanda pertemuan itu terjadi.

Padahal, Jumat pekan ini adalah hari ke-16 sejak Mahkamah Konstitusi menolak gugatan Prabowo – Sandiaga Uno dan keduanya belum mengucapkan selamat kepada Jokowi – Maruf.

Semua bermula pada Sabtu pagi sekitar pukul 05.45 WIB, Sekretaris Kabinet sekaligus politikus PDIP Pramono Anung berkicau di Twitternya.

Baca Juga: Pelesir ke Magelang, Sandiaga Uno Nyemplung Sawah saat Bersepeda

"Semoga hari ini menjadi hari yang dikenang buat proses demokrasi yang semakin dewasa. Mudah-mudahan pertemuan yang terjadi membuat bangsa ini semakin kuat, maju, adil dan makmur #pertemuan #Indonesia #Alfatihah".

Tak lama, sekitar pukul 06.15 WIB, awak media menerima pesan melalui grup WhatsApp untuk meliput kegiatan di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus yang rencananya dimulai pukul 10.00 WIB, seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Cerdas, Ini Trik Kaesang Ajak Gibran Rakabuming Foto Bareng saat Liburan

Tiga Lelaki Berbaju Putih

Namun, sekitar pukul 08.40 WIB, Pramono Anung sudah tampak di stasiun itu. Ia datang mengenakan kaos santai berwarna putih dipadu jaket abu-abu.

"Kita yang deg-degan kalau pertemuannya tidak jadi," kata Pramono kepada awak media, yang semakin menguatkan bakal ada pertemuan Jokowi – Prabowo di stasiun tersebut.

Menyusul Pramono, pada pukul 08.50 WIB, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani tiba di stasiun dan berpelukan dengan Pramono.

Selang 2 menit, datang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Muzani dan Edhy kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Ketiga pria yang mengenakan baju putih itu lantas masuk ke ruangan khusus karyawan MRT yang tertutup.

Sekitar 5 menit kemudian, menyusul Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menyusul masuk ke ruangan tersebut.

Baru pada pukul 09.13 WIB, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin, yakni Erick Thohir juga datang, lagi-lagi berkemeja putih.

Pukul 09.40 WIB, Pramono, Edhy, Muzani dan Budi Gunawan keluar ruangan dan turun ke area bawah stasiun MRT.

Ternyata mereka menjemput tamu yang ditunggu-tunggu, yaitu Prabowo Subianto. Tepat pukul 09.50 WIB, Prabowo tiba di lantai 2 stasiun MRT Lebak Bulus.

Prabowo sempat menyapa wartawan yang sudah menunggunya dengan mengatupkan kedua telapak tangan di dada. Tanpa berkata-kata kepada awak media, ia masuk ke ruang tertutup itu bersama dengan para penjemputnya.

Pukul 10.05 WIB, Prabowo keluar dan disambut teriakan massa yang sudah mulai memenuhi stasiun. Tepat pukul 10.06 WIB, Jokowi keluar dari lift stasiun MRT Lebak Bulus dan dengan langkah tegap dan mantab sambil menghormat ke arah Prabowo.

Jokowi langsung menjabat tangan Prabowo serta "cipaka-cipiki", seperti yang kerap keduanya lakukan saat bertemu pada momen lain, misalnya, ketika debat capres.

Jurnalis sampai Jatuh

Berbeda dengan momen lain, salaman kedua pria tersebut tidak lepas hingga sekitar 1 menit dan bahkan makin erat, sambil Jokowi menepuk-nepuk lengan Prabowo dan berfoto ke arah wartawan dan massa yang sudah menunggu.

Selanjutnya, keduanya melambaikan tangan dan berjalan ke arah pintu gerbang "tapping" MRT dan masih berlanjut ke eskalator hingga sampai ke peron tempat kereta telah menanti.

Demi mengabadikan momen kedua pemimpin tersebut bahkan salah satu "cameraman" atau kamerawan stasiun TV swasta terjatuh di tangga.

Memang sebelumnya sudah ada penjelasan agar wartawan harus langsung naik ke kereta dan tidak berupaya membalikkan badan agar tidak menghalangi pergerakan.

Jokowi dan Prabowo duduk di gerbong kedua dari depan dan tampak berbicara dengan akrab, tawa ringan keduanya sesekali menyelingi obrolan. Tidak orang lain yang duduk di kiri kanan atau depan mereka.

Bahkan Pramono, Budi Gunawan, Edhy Prabowo, Muzani maupun Erick Thohir harus berdiri pada awalnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga ikut dalam rombongan, bahkan "terlempar" di gerbong pertama bersama wartawan yang meliput peristiwa tersebut.

Kereta MRT berangkat pukul 10.10 WIB, membawa rombongan menuju perhentian selanjutnya: stasiun MRT Senayan. Kereta tiba tepat pukul 10.27 WIB, keduanya pun kembali disambut teriakan warga.

Setelah tiba di stasiun MRT Senayan, sudah disiapkan pelantang suara tunggal di depan gerai satu toko swalayan bagi keduanya. Jokowi dan Prabowo bergantian bicara.

[Suara.com/Ema Rohimah]
[Suara.com/Ema Rohimah]

 

Matinya Cebong - Kampret

"Seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai. Pertemuan saya dengan Bapak Prabowo Subianto pada pagi hari ini adalah pertemuan seorang sahabat, pertemuan seorang kawan, pertemuan seorang saudara yang sebetulnya ini sudah kita rencanakan lama, tetapi Pak Prabowo juga sibuk, sering mondar-mandir ke luar negeri, saya juga begitu, perga-pergi dari Jakarta ke daerah dan ada juga yang keluar," tutur Jokowi memulai konferensi pers bersama.

Jokowi mengaku sengaja memilih MRT sebagai lokasi pertemuan, karena ia tahu bahwa Prabowo belum pernah mencoba MRT yang baru beroperasi beberapa bulan tersebut.

"Yang kedua, setelah kontestasi kompetisi di pilpres, kita tahu kompetisi di pilpres adalah kompetisi yang harus ngomong apa adanya kompetisi yang sangat keras, baik di antara kami maupun pendukung. Oleh sebab itu setelah pilpres usai silaturahim antara saya dengan bapak Prabowo Subianto bisa kita lakukan pada pagi hari ini," ungkap Jokowi.

Ia juga berterima kasih dengan bantuan yang didapatnya dalam mengatur pertemuan dengan Prabowo.

"Kita juga berharap agar para pendukung juga melakukan hal yang sama. Karena kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. Tidak ada lagi yang namanya 01 tidak ada lagi yang namanya 02," tambah Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan massa dan juga tepuk tangan Prabowo.

"Tidak ada lagi yang namanya cebong. Tidak ada lagi yang namanya kampret, yang ada adalah Garuda. Garuda Pancasila," tegas Jokowi yang kali ini disambut dengan teriakan yang lebih riuh.

Jokowi mengajak masyarakat untuk merajut kembali persatuan Indonesia sebagai suatu bangsa karena hanya dengan persatuanlah Indonesia dapat bertarung di arena kompetisi global yang semakin ketat.

Selamat Berambut Putih Pak

Setelah sekitar 5 menit menyampaikan pernyataan, giliran Prabowo Subianto mendapat waktu berbicara.

"Yang saya hormati Bapak Joko Widodo Presiden Indonesia, saudara-saudara sekalian sebangsa dan setanah air. Hari ini sebagaimana saudara-saudara saksikan saya dan pak Joko Widodo bertemu, di atas MRT. Ini juga gagasan beliau. Beliau tahu bahwa saya belum pernah naik MRT, jadi saya terima kasih Pak. Saya naik MRT luar biasa," ujar Prabowo.

Pernyataan Prabowo itu pun disambut dengan teriakan "we love you" dari massa.

"Kita bangga bahwa Indonesia akhirnya punya MRT yang bisa membantu kepentingan rakyat. Walau pun pertemuan ini seolah-olah tidak formal tetapi saya kira memiliki suatu dimensi dan arti yang sangat penting," ungkap Prabowo.

Hingga muncullah momen yang ditunggu-tunggu dari pertemuan tersebut.

"Ada yang bertanya kenapa Pak Prabowo belum ucapkan selamat atas ditetapkannya Pak Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia untuk 2019-2024. Saya katakan saya ini bagaimana pun ada 'ewuh pekewuh' (sungkan) ada 'toto kromo'. Jadi kalau ucapan selamat maunya langsung tatap muka. Jadi saya ucapkan selamat," kata Prabowo sambil menjabat tangan Jokowi dengan kedua belah tangan.

[Suara.com/Ema Rohimah]
[Suara.com/Ema Rohimah]

 

Jokowi yang berdiri persis di sampingnya pun membalas jabatan tangan Prabowo tersebut sambil tersenyum.

Teriakan "we love you, we love you" kembali mengudara sampai Prabowo harus meminta massa diam dengan menaruh telunjuk di depan bibir sambil berkata "Ssstt".

"Jadi saudara-saudara, dikatakan beliau bahwa kita bersahabat dan kita berkawan. Memang kenyataan seperti itu. Jadi kalau kita kadang-kadang bersaing, kadang-kadang saling mengritik itu tuntutan politik, itu tuntutan demokrasi, demikian kan? Tetapi sesudah berkompetisi, sesudah bertarung dengan keras, kadang-kadang. Tetapi kita tetap dalam kerangka keluarga besar Republik Indonesia," tegas Prabowo.

Ia mengatakan, dirinya dan Jokowi sama-sama anak bangsa dan sama-sama patriot yang ingin berbuat terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Saya mengerti banyak yang mungkin masih emosional dan kita mengerti banyak hal yang kita harus perbaiki, tapi intinya saya berpendapat bahwa antara pemimpin kalau hubungannya baik kita bisa saling mengingatkan. Kalau beliau mau ketemu saya, ya saya akan manfaatkan untuk menyampaikan hal-hal demi kebaikan bersama. Jadi saya ucapkan selamat bekerja," ucap Prabowo sambil menjabat tangan Jokowi sekali lagi.

"Peluk, peluk, peluk" demikian teriakan massa.

"Eh tunggu dong, inilah demokrasi pak, kita disuruh-suruh ini. Saya ucapkan selamat tambah rambut putih pak," kata Prabowo dan kali ini Jokowi pun ikut tertawa.

Prabowo menilai, sebagai presiden, Jokowi berarti mengabdi dan memikul beban masalah yang besar.

"Kami siap membantu kalau diperlukan Pak untuk kepentingan rakyat, tapi kalau kami juga minta maaf pak, kalau kami mengkritisi bapak sekali-sekali karena demokrasi juga membutuhkan 'check and balance'," kata Prabowo yang mengisyaratkan tetap berada di jalur oposisi.

Selesai Prabowo bicara, Jokowi bertindak seolah-olah sebagai "master of ceremony" (MC) acara tersebut.

"Saya kira sudah jelas dan gamblang semua, saya kira tidak ada pertanyaan yang masih mengganjal, sudah jelas semua apa yang saya sampaikan dan apa yang disampaikan pak Prabowo, atau masih ada yang bertanya?" tanya Jokowi kepada wartawan.

Pertanyaan pertama adalah mengapa memilih lokasi MRT.

"Sebetulnya pertemuan di manapun bisa. Di MRT bisa, mau di rumah Pak Prabowo bisa, di istana bisa tapi kami sepakat memilih MRT," jawab Jokowi langsung.

Pertanyaan kedua terkait apakah Gerindra ikut bergabung ke dalam kubu koalisi pemerintah.

"Mengenai pembahasan koalisi saya harus omong apa adanya. Saya harus juga merundingkan mendiskusikan dengan sahabat-sahabat saya di koalisi Indonesia Kerja, ya saya kira Pak Prabowo juga melakukan hal yang sama, dengan relawan juga akan saya diskusikan," jawab Jokowi.

Pertanyaan ketiga mengenai bagaimana membuat pesan persatuan tersebut juga sampai ke para pendukung masing-masing.

"Saya kira kalau sudah melihat para pemimpinnya, sudah bergandengan mestinya pendukung sudah selesai dan bergandengan semuanya," kata Jokowi mantap.

Semua Merah Putih

Prabowo lalu mengucapkan pernyataan pamungkasnya.

"Jadi saudara-saudara, saya sangat setuju. Sudahlah, tidak ada cebong-cebong, tidak ada kampret-kampret, semuanya Merah Putih," kata Prabowo lalu kembali "cipika-cipiki" dengan Jokowi dan sekali lagi berjabat tangan.

Mereka berdua lalu naik eskalator untuk berjalan kaki menuju pusat perbelanjaan FX Sudirman yang berlokasi sekitar 200 meter dari pintu MRT Senayan.

Saat keduanya berjalan, massa kembali menyemut dan mengerumuti untuk ikut merayakan atau sekadar ingin berfoto dengan keduanya.

Brunch ala Milenial

Restoran yang dipilih untuk santap siang adalah "Sate Khas Senayan" yang berlokasi di lantai dasar FX Sudirman. Meja di tengah sudah dipersiapkan bagi keduanya. Meja itu dilatarbelakangi dengan gambar tokoh wayang lengkap dengan gunungannya.

Waktu memang masih menunjukkan pukul 10.54 WIB saat keduanya tiba. Jamuntuk sarapan sudah lewat tapi belum juga saat untuk santap siang, anak muda zaman "now" kadang menyebut waktu makan tersebut "brunch", singkatan dari "breakfast lunch".

Menu yang disediakan dan dipilih adalah sate ayam, sate kambing, nasi kuning campur, pecel dan lontong cap gomeh.

Untuk camilan, dipilih ongol-ongol, mendut, cenil dan tahu pong goreng, sedangkan minuman yang disediakan adalah teh tawar dan es kelapa.

Pada meja kiri Jokowi-Prabowo yang dibentuk dengan susunan "U" tersebut duduk Ahmad Muzani berdampingan dengan Budi Gunawan dan Erick Thohir. Di seberang mereka lantas ikut bersantap Pramono Anung, Edhy Prabowo dan Budi Karya Sumadi.

Sekitar 30 menit menikmati "brunch", Prabowo pun lebih dulu menyelesaikan makannya dan meninggalkan lokasi pertemuan pada sekitar pukul 11.20 WIB.

Ia diantar oleh Kepala BIN Budhi Gunawan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kita siap membantu jadi apa saja, oposisi siap, 'check and balance' siap, yang penting negara kita kuat," kata Prabowo singkat di depan pintu keluar FX Senayan.

"Jenderal saya terima kasih, matur nuwun, Pak Menteri terima kasih," ungkap Prabowo memberikan ucapan terima kasih kepada Budi Gunawan lengkap dengan gerakan hormat di awal.

Sedangkan Jokowi masih tetap di lokasi restoran dan berbincang dengan Pramono Anung dan rombongan lain.

Barulah sekitar 25 menit atau sekitar pukul 11.45 WIB, Jokowi juga memutuskan meninggalkan lokasi pertemuan dengan lebih dulu melayani swafoto dan salaman dengan warga.

SUARA.com/Reza Gunadha

Berita Terkait TERKINI
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Hadir di Hoshinoya Bali, bar ini memperkenalkan seri minuman cocktail yang terinspirasi Hari Raya Nyepi....
food | 16:22 WIB
Resep masakan tahu cabe garem yang bisa dibuat anak kos dikala tanggal tua....
food | 17:47 WIB
Buah pisang juga mengandung nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan. Bahkan, bila rutin mengkonsumsi pisang sebagai hida...
food | 10:29 WIB
Tampilkan lebih banyak