Food

Tukar Botol Plastik dengan Tiket Keliling Roma, Simak Syaratnya

Kamu mau?

Galih Priatmojo | Aditya Prasanda

Ilustrasi sampah botol plastik. (Unsplash)
Ilustrasi sampah botol plastik. (Unsplash)

Guideku.com - Pemerintah kota Roma di Italia punya cara jitu untuk mengurai sampah botol plastik sekali pakai.

Otoritas setempat menggalakkan kampanye penukaran botol air minum kemasan sekali pakai dengan selembar tiket bus maupun komuter.

Cara serupa yang juga pernah diterapkan pemerintah Istanbul di Turki ini diharapkan dapat mengajak serta penghuni Roma menjaga lingkungan mereka sembari menghemat biaya perjalanan tentunya.

Sebelum diterapkan pada ragam transportasi umum lainnya, tiket kereta gratis ini dapat ditukarkan melalui tiga stasiun kereta, yakni Cipro - A Line, Piramide - B Line dan San Giovanni - C Line.

Para penumpang yang hendak memperoleh tiket gratis, hanya perlu membawa botol plastik dan memasukkannya ke dalam mesin. Selanjutnya mesin tersebut akan memberikan kredit tiket berdasarkan jumlah botol yang dimasukkan.

Sebagai catatan, satu botol plastik dihargai senilai lima sen. Maka jika ingin memperoleh tiket senilai 1,50 euro atau setara Rp 23 ribu, para penumpang harus menukar sekitar 30 botol plastik terlebih dahulu.

Botol plastik yang dapat ditukarkan pun dari jenis 250 ml hingga 2 liter. Botol-botol yang dimasukkan ke dalam mesin tersebut kemudian dihancurkan dan diolah kembali menjadi produk daur ulang.

Nah, agar kita dapat melakukan transaksi tukar tiket dengan botol air kemasan, para penumpang terlebih dahulu harus mendaftarkan diri via aplikasi myCicero maupun Tabnet.

Kedua aplikasi ini memungkinkan kita memperoleh kredit tiket berdasarkan botol air kemasan yang ditukarkan.

Roma sendiri disebut sebagai kota terkumuh ke-empat di seantero Eropa. Jumlah sampah di kota ini disebut dapat memenuhi 12 bangunan seukuran Colosseum, merunut laporan Expert Market.

Berita Terkait

Berita Terkini