Food

5 Minuman Aneh di Dunia, Ada yang Terbuat dari Air Mata Tuna

Berani menenggak minuman dari bahan ekstrem ini?

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi minuman khas. (Pixabay/happyearthboy)
Ilustrasi minuman khas. (Pixabay/happyearthboy)

Guideku.com - Tak cuma sebagai traveler, kini ada banyak orang yang mengaku sebagai foodie karena gemar melakukan wisata kuliner. Biasanya, para foodie ini tak keberatan menjajal aneka macam makanan baru.

Namun, bagaimana halnya dengan minuman?

Tak jauh berbeda dari makanan, ternyata ada berbagai macam minuman khas dan unik yang bisa dicoba di dunia.

Mulai dari aneka macam teh, kopi, hingga alkohol, ada beberapa jenis minuman yang hanya dapat ditemukan di negara tertentu.

Begitu pula halnya dengan minuman-minuman aneh ini, yang terbuat dari bahan tak wajar atau malah diklaim punya manfaat kesehatan.

Merangkum dari laman CNN Travel Internasional, inilah 5 minuman teraneh di dunia. Berani coba menyesap minuman-minuman ini?

1. Boza, Bulgaria

Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)
Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)

Biasanya, tepung digunakan sebagai bahan untuk membuat kue dan memasak. Namun, di Bulgaria dan Kaukasia, ada minuman bernama boza yang dibuat dari rebusan tepung yang difermentasi.

Boza memiliki rasa asam dan manis. Di Bulgaria, minuman ini sudah dianggap layaknya susu dan populer baik di kalangan anak-anak maupun orangtua.

Bahkan, karena mikroorganisme yang hidup di dalamnya, boza dipercaya baik bagi kesehatan pencernaan. Boza juga diklaim baik bagi kesehatan ibu yang sedang mengandung walau mengandung sedikit alkohol.

2. Kava, Fiji

Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)
Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)

Kava merupakan minuman penting dalam budaya dan upacara tradisional di Fiji. Kava sendiri dibuat dari tanaman merica yang banyak ditemukan di daerah tersebut.

Untuk membuat kava, tanaman sejenis merica tadi akan ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan air.

Menurut orang-orang yang pernah mencicipinya, kava mengandung komponen yang dapat membuat seseorang sangat bahagia, mendadak sedih, serta meninggalkan sensasi kebas di bibir dan lidah.

Kava juga membuat seseorang menjadi lebih suka berbicara dan merupakan minuman dengan zat psikoaktif. Karena alasan ini, kava ternyata dilarang di beberapa negara.

3. Mezcal de Pechuga, Meksiko

Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)
Minuman Unik di Dunia (Wikimedia Commons)

Mezcal sebenarnya merupakan minuman alkohol khas Meksiko yang terbuat dari agave. Minuman ini juga dapat ditemukan dengan mudah di seluruh dunia.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi varian "mezcal de pechuga" atau yang berarti "mezcal dada ayam".

Berbeda dengan mezcal biasa, dada ayam mentah akan digantung di atas mezcal yang masih dalam proses penyulingan. Disebutkan, dada ayam ini akan membuat rasa mezcal lebih kuat.

4. Sourtoe Cocktail, Kanada

Minuman Unik di Dunia (youtube.com/Kombi Life)
Minuman Unik di Dunia (youtube.com/Kombi Life)

Sourtoe Cocktail adalah minuman alkohol yang dibuat dari jari kaki manusia yang sudah diamputasi.

Menurut legenda, minuman ini dibuat saat seorang laki-laki kehilangan jari kakinya karena membeku dalam salju. Saat itu, saudaranya mengamputasi jari kaki itu, menyimpannya dalam botol, dan menyajikannya bersama alkohol beberapa dekade kemudian.

Uniknya lagi, siapa pun yang meminum Sourtoe Cocktail akan ditantang untuk menyentuhkan bibir mereka ke jari kaki di dalam gelas.

5. Chamchi Nunmulju, Korea Selatan

Ilustrasi Soju (Wikimedia Commons)
Ilustrasi Soju (Wikimedia Commons)

Chamchi Nunmulju atau "soju air mata tuna" adalah salah satu varian soju yang berasal dari Korea Selatan.

Soju sendiri adalah minuman beralkohol yang populer dan biasa dikonsumsi warga Korea. Biasanya, mereka akan mencampur soju dengan bir atau membeli soju rasa buah-buahan.

Namun, beda halnya dengan chamchi nunmulju. Untuk minuman yang satu ini, soju akan dicampur dengan cairan dari lensa mata ikan tuna.

Hasilnya adalah minuman alkohol dengan tekstur mirip jeli, dan biasa disajikan di restoran bergaya Jepang yang ada di Korea Selatan.

Berita Terkait

Berita Terkini