Food

Ghea Indrawari Kenalkan Choi Phan, Camilan Khas Singkawang

Ghea Indrawari dengan bangga memperkenalkan camilan khas Singkawang.

Dany Garjito

Ghea Indrawari [Suara.com/Vessy]
Ghea Indrawari [Suara.com/Vessy]

Guideku.com - Ghea Indrawari memperkenalkan Choi Phan, camilan khas Singkawang.

Membahas kuliner khas Indonesia memang tak ada habisnya. Dari sekian banyak jenis kuliner yang sudah populer, ternyata masih banyak lagi kuliner daerah yang belum diketahui banyak orang.

Salah satunya, choi pan. Kuliner khas Singkawang, Kalimantan Barat. Sebagai gadis asli Singkawang, finalis Indonesian Idol, Ghea Indrawari dengan bangga memperkenalkan camilan tersebut karena memiliki rasa otentik.

"Choi pan itu makanan asli Singkawang. Makanannya seperti pangsit kukus dimakannya pakai sambal khas yang enak banget. Di dekat tempat tinggalku ada choi pan paling enak yang rasanya tak tertandingi.  Kalau mencari choi pan seperti itu di Jakarta agaknya sulit," ungkap Ghea kepada Suara.com dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ghea menjelaskan meski kulitnya terlihat seperti pangsit kukus, tetapi choi pan jelas berbeda. Di dalam kulit terdapat isian, yaitu bangkuang, rebung, dan kucai. Paling enak kalau dimakan pakai sambal pedas. Choi pan paling enak dimakan selagi hangat, tak lama diangkat dari kukusan.

Meski sangat menyukai choi pan, Ghea mengaku belum membuat makanan yang satu ini. Namun ia menjelaskan, ada dua jenis penyajian choi pan,  yaitu dikukus dan digoreng. 

"Bentuknya setengah lingkaran, dibuat dari tepung beras. Choi pan yang enak bisa dilihat dari ketebalan kulitnya. Kalau yang enak itu tidak terlalu tebal dan teksturnya lebih kenyal," lanjut Ghea.

Untuk memperkenalkan choi pan agar semakin populer, Ghea mengajak Youtuber, Kevin Hendrawan ke daerahnya untuk mencicipi choi pan. Ia ingin melalui konten digital kuliner daerahnya makin dikenal. Ghea juga menjelaskan kalau choi pan adalah makanan yang dibawa oleh penjual keturunan Tionghoa.

SUARA.com/Vessy Dwirika Frizona

Berita Terkait

Berita Terkini