Food

4 Rekomendasi Kuliner Dekat Makam Raja-raja Mataram di Kotagede

Lapar usai wisata religi ke Makam Raja-raja Mataram di Kotagede? Yuk, cicipi kuliner berikut ini.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Makam Raja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)
Makam Raja-raja Mataram Kotagede. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Makam Raja-raja Mataram menjadi salah satu situs dan juga objek wisata ziarah yang kerap disambangi oleh wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari berbagai daerah demi melakukan wisata ziarah di sini.

Namun ada pula yang hanya sengaja memasuki area luar makam untuk sekadar berfoto-foto karena gerbang Makam Raja-raja Mataram ini terbilang sangat artistik.

Bagi Anda yang mungkin baru saja melakukan wisata ziarah atau sekadar berfoto-foto, berikut Guideku.com berikan 5 rekomendasi kuliner tak jauh dari Makam Raja-raja Mataram di Kotagede.

1. Kipo Bu Djito

Kipo Bu Djito khas Kotagede. (Instagram/@makanandit)
Kipo Bu Djito khas Kotagede. (Instagram/@makanandit)

 

Berwisata ke Kotagede, rasanya kurang lengkap jika belum mencicipi Kipo. Nah, Kipo ini merupakan jajajanan yang konon sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Islam lho.

Sudah mulai langka keberadaanya makanaan yang berasal dari bahasa jawa 'Iki Opo' alias ini apa tersebut dibuat dari tepung beras, tepung ketan kemudian dicampur dengan daun suju, kelapa serta daun pandan.

Kipo buatan Bu Djito ini juga terbilang cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah nih.

Buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 05.00-15.00 WIB, Kipo Bu Djito ini beralamat di Jalan Mondorakan Nomor 27, Bodon, Prenggan, Kotagede.

2. Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito. (Instagram/@caricoba)
Bakmi Mbah Gito. (Instagram/@caricoba)

 

Berikutnya ada Bakmi Mbah Gito. Beralamat di Jalan Nyi Agengnis Nomor 9 Rejowinangun, warung makan ini punya sajian bakmi jawa dengan cita rasa khas dan melegenda.

Rahasia kelezatan dari Bakmi Mbah Gito ini konon terletak pada cara pembuatannya. Jadi, setiap pesanan bakmi dimasak satu per satu menggunakan anglo tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Sajian di warung makan Bakmi Mbah Gito ini dibanderol mulai dari harga Rp 20 ribu sampai dengan Rp 40 ribuan.

Tidak sedikit wisatawan atau bahkan warga lokal yang rela antre berjam-jam demi mendapatkan satu porsi bakmi jawa ala Mbah Gito ini.

Berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari Makam Raja-raja Mataram Kotagede, Bakmi Mbah Gito ini buka setiap harinya mulai pukul 11.00-23.00 WIB.

3. Sate Sapi Pak Cipto

Sate Sapi Pak Cipto. (Instagram/@rifiariffin)
Sate Sapi Pak Cipto. (Instagram/@rifiariffin)

 

Bagi Anda pecinta kuliner daging sapi, berikut ini kami rekomendasikan untuk mampir ke warung makan Sate Sapi Pak Cipto. Merupakan salah satu kuliner khas Kotagede, Sate Sapi Pak Cipto ini beralamat di Jalan Kemasan Nomor 9, Purbayan.

Daging Sate Sapi Pak Cipto ini terkenal empuk dan bumbunya bikin ketagihan. Setiap harinya Sate Sapi Pak Cipto ini buka mulai pukul 16.00-23.00 WIB.

Jarak Sate Sapi Pak Cipto ini kurang lebih 1,1 kilometer dari Makam Raja-raja Mataram di Kotagede. Jika jalanan sedang tidak macet, Sate Sapi Pak Cipto ini dapat Anda capai dari Makam Raja-raja Mataram dalam waktu 5 menit saja.

Jadi bagi Anda yang kelaparan malam hari, Sate Sapi Pak Cipto ini sepertinya pantas untuk Anda cicipi.

4. Omah Dhuwur Resto

Omah Dhuwur Restaurant instagram.com/@omahdhuwurjogja
Omah Dhuwur Restaurant instagram.com/@omahdhuwurjogja

 

Omah Dhuwur Restaurant beralamatkan di Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Prenggan, Kotagede. Restoran di Kotagede ini termasuk restoran mewah di Jogja.

Meskipun memiliki kesan mewah, harga makanan dan minuman di Omah Dhuwur Restaurant relatif terjangkau. Menu-menu yang ditawarkan terdiri dari menu Asia, menu tradisional Indonesia, dan menu Western.

Ada beragam pilihan menu di Omah Dhuwur Restaurant. Kamu bisa mencoba Vegetarian Fried Rice ala Omah Dhuwur Restaurant atau Bebek Santan Lombok Ijo. Untuk minumannya, jangan ragu untuk mencoba Wedang Kotagede. Bagi yang suka kopi bisa pilih Kopi Merapi.

Harga makanan di Omah Dhuwur Restaurant rata-rata mulai dari Rp 30 ribu. Sedangkan harga minuman di Omah Dhuwur Restaurant rata-rata mulai dari Rp 28 ribu.

Jarak Omah Dhuwur Restaurant ini kurang lebih 2,1 kilometer atau sekitar 7 menit dari Makam Raja-raja Mataram.

Berita Terkait

Berita Terkini