Food

Cuma Durian Diselotip, Karya Seni Ini Dihargai Miliaran Rupiah

Tak cuma durian, pisang pun pernah dijadikan obyek karya seni dan ditempel ke dinding dengan selotip.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati

Ilustrasi durian. (Pixabay/photosforyou)
Ilustrasi durian. (Pixabay/photosforyou)

Guideku.com - Tak semua karya seni memiliki makna yang mudah dimengerti. Ada kalanya, sebuah instalasi seni begitu nyentrik dan aneh hingga membuat publik pun keheranan.

Belum lama ini, publik pun dihebohkan oleh instalasi seni yang terbuat dari pisang ditempel ke dinding. Instalasi yang dimaksud tersebut dinamai Comedian dan dibuat oleh seniman Italia, Maurizio Cattelan.

Dalam instalasi tersebut, sebuah pisang tampak diselotip ke dinding. Uniknya lagi, instalasi dari pisang itu dihargai 120.000 dolar atau sekitar Rp 1,6 miliar.

Seolah tak mau kalah, sebuah toko durian di Singapura baru-baru ini dikabarkan ikut membuat aksi serupa.

Dilansir dari laman Mothership, toko yang bernama 99 Old Trees tersebut merupakan toko yang menjual durian langsung dari Pahang's Fook Gor Durian Farm.

Instalasi Seni dari Durian (facebook.com/99oldtrees)
Instalasi Seni dari Durian (facebook.com/99oldtrees)

Lewat unggahan Facebook mereka, 99 Old Trees pun tampak mengunggah foto durian yang diselotip ke dinding putih.

Instalasi itu sendiri dinamai 'Durian Tape to White Wall' alias Durian yang Diselotip ke Tembok Putih. Harganya pun tidak main-main, yaitu 163.056 dolar Singapura atau berkisar Rp 1,6 miliar.

Dalam unggahan tersebut, 99 Old Trees juga menuliskan beberapa kalimat.

"Terlihat seperti seni, baunya seperti kentut," tulis 99 Old Trees.

"Durian yang diikat menggambarkan perjuangan pendiri negara ini. Selotip melambangkan penindasan dari penjajah," tulisnya lagi.

Toko itu sendiri menulis jika mereka akan menjual durian tersebut beserta selotipnya, tetapi tidak termasuk dinding. Dijelaskan pula, durian itu akan busuk dalam tiga hari.

Sejak diunggah, instalasi durian milik 99 Old Trees pun sukses menjadi viral. Ada beberapa yang serius ingin membeli, tetapi ada juga yang menganggapnya sebagai candaan untuk menyindir karya seni yang asli.

Anda berminat memiliki durian yang satu ini?

Berita Terkait

Berita Terkini