Food

Pesta Tahun Baru, Ini 4 Kuliner Sate yang Bisa Disantap Bersama Keluarga

Sate tak melulu daging ayam dan sapi, yuk coba varian lainnya di bawah ini.

Dany Garjito | Arendya Nariswari

Ilustrasi barbeque untuk malam tahun baru. (Pixabay)
Ilustrasi barbeque untuk malam tahun baru. (Pixabay)

Guideku.com - Jelang malam tahun baru, tidak sedikit pastinya di antara travelers yang masih bingung ingin menghadirkan makanan sebagai suguhan keluarga dan sahabat. 

Pesta tahun baru sendiri sangat identik dengan kegiatan mengolah makanan berupa sate-satean atau barbekyu. Biasanya beberapa bahan makanan yang dijadikan sate ialah daging kambing atau ayam.

Sebelum diletakkan di atas tungku dengan bara api dari arang, sate biasanya dibubuhi bumbu seperti kecal dan sambal.

Tak hanya daging ayam dan sapi, ternyata masih banyak lho bahan makanan yang bisa dijadikan sate-satean saat pesta tahun baru nanti.

Yuk, intip 5 rekomendasi menu sate yang bisa disajikan saat pesta tahun baru atau barbekyu berikut ini, dirangkum GuideKu.com dari berbagai sumber, Minggu (29/12/19).

1. Sate Sashlik ala Timur Tengah

Sate sashlik. (Pixabay/@pastel100)
Sate sashlik. (Pixabay/@pastel100)

Sate yang satu ini warnanya begitu menarik dan menggugah selera. Inilah Shashlik, salah satu menu sate yang kerap dapat Anda temui di Timur Tengah.

Cara membuat Sashlik ini juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu menyusun daging sapi tenderloin, bawang bombay dan juga paprika pada tusuk bambu.

Sebelum dibakar, sate Sashlik tadi dapat Anda bumbui terlebih dahuli dengan rosemary, garam, serta lada.

2. Sate ikan bandeng

Sate bandeng. (Instagram/@sarirahayuindah)
Sate bandeng. (Instagram/@sarirahayuindah)

Umumnya memang ikan bandeng disajikan dengan cara dibakar atau digoreng kemudian disantap menggunakan nasi putih. Eits, tapi jangan salah, di pesta tahun baru nanti Anda juga bisa memasak sate ikan bandeng lho.

Sebelum dimasak, ikan bandeng terlebih dahulu harus dipisahkan dari duri-durinya. Setelah itu berikan bumbu pada daging bandeng berupa cabai rawit, bawang merah dan rempah lain.

3. Sate udang

Sate udang. (Pixabay/Ottawagrapichs)
Sate udang. (Pixabay/Ottawagrapichs)

Sate udang juga dapat Anda jadikan pilihan saat pesta tahun baru nanti. Pilihlah daging udang yang ukuranya besar dan empuk agar mudah ketika disusun saat dimasukkan ke tusuk bambu.

Bumbu sate udang yang bisa ditambahkan yakni kecap, merica dan juga saus cabai pedas.

4. Sate taichan bakar

Sate taichan bakar. (Instagram/@mbok dade)
Sate taichan bakar. (Instagram/@mbok dade)

Sate taichan bakar juga cocok untuk Anda jadikan menu pesta tahun baru bersama keluarga. Bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan daging dada ayam kemudian potong-potong ukuran kecil.

Umumnya, sate taichan ini disajikan dengan sambal bawang yang diberi sedikit penyedap rasa. Kekinian, tidak sedikit pula yang menambahkan sate taichan ini dengan keju mozarella.

Nah, itu tadi 4 rekomendasi menu sate yang bisa Anda sajikan saat malam tahun baru nanti, selamat mencoba ya!

Berita Terkait

Berita Terkini