Food

Influencer Ini Kampanye Hidup Tanpa Minum, Ahli: Tren Diet Paling Konyol!

Seorang influencer mengatakan berhenti minum air telah mengubah hidupnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi minum air. (Pixabay/Karolina Grabowska)
Ilustrasi minum air. (Pixabay/Karolina Grabowska)

Guideku.com - Seorang vegetarian sekaligus influencer kesehatan, Shopie Prana, mengatakan bahwa berhenti mengonsumsi air telah membuat hidupnya begitu berubah.

Prana dan influencer lainnya mengklaim, menghidrasi tubuh hanya perlu makan makanan kaya air. Tak hanya itu, ia juga terkadang melakukan 'puasa air'. Artinya, ia tak akan makan makanan atau cairan apapun selama setidaknya 24 jam.

"Aku tidak minum air keran atau air botolan. Gagasan di baliknya adalah aku ingin menghidrasi ginjal, tubuh dan diri pada tingkat sel. Jadi aku ingin minum living water," tuturnya, dilansir Business Insider Singapore.

Living water pada dasarnya adalah air yang didapatkan dari makanan, seperti mentimun, semangka, dan stroberi.

Prana percaya bahwa air dari keran atau botol mengandung racun dan bahan kimia. Jadi, dia berhenti meminumnya dan mengatakan hal itu telah  mengubah hidupnya.

Sophie menjelaskan maksud dari tidak meminum air (Instagram)
Sophie menjelaskan maksud dari tidak meminum air (Instagram)

Namun, seorang ahli diet, Nichola Ludlam-Raine, mengatakan diet seperti ini adalah pilihan konyol.

"Ini adalah salah satu tren diet paling konyol yang aku lihat sejauh ini," ungkap Ludlam-Raine.

Menurutnya, menyarankan orang lain untuk tidak minum air adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dapat menyebabkan dehidrasi. Jika ini terjadi, akan memicu sakit kepala, sembelit, nyeri otot, lesu, hingga masalah ginjal.

Ilustrasi minum air mineral. (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi minum air mineral. (Pixabay/congerdesign)

"Aku menyarankan sebagian besar pasienku untuk minum minimal delapan gelas 200ml cairan sehari (lebih banyak jika panas atau jika mereka berolahraga)," sambungnya.

"Kita punya hak istimewa untuk hidup di negara dengan air minum yang mudah diakses dan aku tak percaya seorang influencer media sosial mendorong orang lain untuk tidak meminum air," tandas dia. (*Rosiana Chozanah)

Berita Terkait

Berita Terkini