Food

Daebak! Boong Jon-ho Ungkap Rahasia Lahirnya Menu Ramdon di Film Parasite

Bukan sembarang makanan, rupanya ramdon dalam film Parasite ini sarat akan makna satir.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Ramdon, mi instan orang kaya yang ada di film Parasite. (YouTube/Jisun's Kitchen)
Ramdon, mi instan orang kaya yang ada di film Parasite. (YouTube/Jisun's Kitchen)

Guideku.com - Baru-baru ini, film berjudul 'Parasite' tengah jadi pusat perhatian dunia. Pasalnya, film dari Korea Selatan tersebut sukses meraih empat penghargaan di ajang penghargaan Oscar 2020.

Film 'Parasite' sendiri menceritakan kisah kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan juga miskin. Dalam sejumlah adegan juga tergambar jelas, perbedaan keduanya hingga menyangkut masalah makanan.

Salah satu makanan yang sempat muncul di film 'Parasite' ialah Ramdon atau ramen dan udon. Ramdon ini sendiri juga memiliki nama lain yakni jjapaguri.

"Ini adalah makanan yang disukai anak-anak, sang istri kaya dikisahkan tak tahan anaknya makan mi murahan, maka dirinya menambahkan topping berupa daging sirloin," sebut sang sutradara Bong Joon-ho kepada Los Angeles Times, dikutip Guideku.com, Selasa (11/2/2020).

Dalam film 'Parasite' tersebut, Bong Joon-ho menambahkan bahwa mi instan atau ramdon itu hadir untuk menunjukkan bahwa si istri kaya ingin menyenangkan anaknya yang masih muda.

Ramdon, mi instan orang kaya yang ada di film Parasite. (YouTube/Maangchi)
Ramdon, mi instan orang kaya yang ada di film Parasite. (YouTube/Maangchi)

 

Di samping itu, sang sutradara ingin menunjukkan bahwa istri kaya menganggap jjapaguri adalah makanan rakyat jelata. Oleh karenanya, kemudian ditambahkan daging sirloin mahal.

Karena jjapaguri terdengar sulit diterjemahkan dalam bahasa Inggris, sang sutradara akhirnya menyebutnya dengan ramdon yang merupakan singkatan dari ramen dan udon.

Setelah menu tersebut muncul di film 'Parasite', rupanya banyak sekali YouTuber khususnya food vlogger yang membuat tutorial cara membuat mi instan orang kaya atau ramdon ini.

Ramdon sendiri terbuat dari dua merek mi instan populer di Korea Selatan yakni Neoguri dan Chapagetti. Chapagetti merupakan mi instan dengan saus kacang hitam. Selanjutnya, Neoguri adalah mi instan kuah saus pedas yang teksturnya kenyal dan nikmat.

Jadi bagaimana travelers? Tertarik untuk membuat ramdon ala film 'Parasite' ini di rumah?

Berita Terkait

Berita Terkini