Food

Aksi Penjual Pani Puri di India, Ehm Pas Ngaduknya Itu Lho

Pani Puri merupakan kuliner street food khas India. Ngaduknya pake... lihat sendiri ya.

Rendy Adrikni Sadikin | Fitri Asta Pramesti

Kuliner Pani Puri. (pixabay.com./gillnisha)
Kuliner Pani Puri. (pixabay.com./gillnisha)

Guideku.com - Belakangan, beredar video cara berjualan abang-abang street food yang bikin netizen geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, si abang nekat mengaduk sekaligus mengambil kuliner racikannya dengan tangannya langsung, tanpa alat apapun.

Hal ini diketahui dari unggahan akun instagram bernama @makanpool. Dalam postingannya, nampak video yang merekam kelakuan si abang penjual yang diduga ada India ini.

Pada video tersebut, nampak sebuah panci yang terisi penuh oleh air rendaman aneka sayur yang tampak seperti mentimun dan jeruk. Selain itu, ada pula beberapa helai daun yang mengapung di atas air sup itu.

Usut punya usut, yang abang jual ini adalah jajanan khas India yang bernama Pani Puri. Puri merupakan kue dengan tekstur kriuk, sedangkan Pani artinya adalah air, atau air sup dengan rasa asam.

Cara Ekstrim Jualan Pani Puri. (instagram.com/makanpool)
Cara Ekstrim Jualan Pani Puri. (instagram.com/makanpool)

Gampangnya, Pani Puri adalah jajanan kue kriuk yang tengahnya di isi dengan kentang dan saos, lalu disajikan dengan dicelupkan di kuah sup rasa asam yang berisi rempah-rempah India.

Ketika memakan Pani Puri, cita rasa yang akan didapatkan adalah perpaduan antara rasa manis, pedas dan asam.

Para penjual Pani Puri di India, memang acapkali mencelupkan langsung Puri ke sup Pani dengan tangan. Namun, tidak semua pedagang Pani Puri mengesampingkan kebersihan dagangannya seperti video di atas.

Masih ada pedangang yang tetap menjaga kebersihan Pani Puri yang ia jual dengan mengenakan sarung tangan plastik saat mencelupkan si puri ke panci kuah asam.

Kembali ke tingkah laku si abang penjual yang ada di video, ketika akan mengaduk sup pani, si abang tanpa ragu langsung mencelupkan tangannya ke dalam panci.

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya bagian jarinya saja. Namun, hampir sebagian tangannya masuk ke dalam panci dan mengaduk sup yang berwarna hijau itu.

Selepas mengaduk dan memeras sayur mayur yang ada di sup, si abang langsung membagikan puri satu persatu ke pembeli yang tengah mengantre di depannya.

Cara Ekstrim Jualan Pani Puri. (instagram.com/makanpool)
Cara Ekstrim Jualan Pani Puri. (instagram.com/makanpool)

Tanpa ba-bi-bu, para pembeli itu langsung melahap apa puri. Tanpa merasa jijik, para pembeli terlihat menikmati kuliner sajian si abang.

Postingan cara jualan ekstrim ini pun langsung mendapatkan respon beragam dari netizen. Kompak, beberapa netizen meradang melihat perilaku jorok si abang penjual.

"Itu bukan keren tapi jorok, coba kalau itu ada di indonesia pasti ngga ada yang beli,"

"Tapi kalau itu memang bener buat dikonsumsi bener-bener jorok. Bukannya menghina ya."

"Jijay bajay gais. Eneg gue."

"Corona left the chat," imbuh netizen lain.

Berita Terkait

Berita Terkini