Food

Bantu Ibu Jualan Cilor, Pemuda Ini Bikin Inovasi Tangan Robot

Agung Budi hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk merakit dan proses kalibrasi tangan robot kreasinya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Bikin robot untuk bantu ibu jualan cilor. (@lantip)
Bikin robot untuk bantu ibu jualan cilor. (@lantip)

Guideku.com - Mendengar kata robotik, tentunya akan terasosiasi dengan biaya mahal lantaran memerlukan alat yang canggih untuk menciptakan robot. Namun di tangan Agung Budi Wibowo, anggapan tersebut seolah bisa diputarbalikan begitu saja.

Pemuda Desa Kledungkarang Dalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo justru berhasil menciptakan tangan robotik sederhana yang tepat guna untuk memudahkan sang ibu bekerja sebagai pedagang cilor keliling. Bahkan, video Agung membuat tangan robotik menjadi viral di media sosial (medsos) Twitter setelah dibagikan akun @lantip.

Dalam video berdurasi 2 menit 18 detik tersebut, tampak sosok Agung Budi sedang membuat proses akhir tangan robotik mini yang akan digunakan sang ibu untuk membantu berjualan cilor keliling. Alasan pembuatan tangan robotik itu dikarenakan sang ibu memiliki gangguan penglihatan sehingga kesulitan ketika menuangkan adonan telor ke wajan.

Tangan robotik hasil karya lulusan SMK Negeri 1 Purworejo ini berbahan akrilik yang berfungsi menuangkan adonan telor ke dalam wajan dengan presisi yang cukup baik. Alat itu dibuat menggunakan sistem robotik, yakni menanam memori yang dihubungkandengan motor penggerak. Memori diprogram untuk menyedot dan menuangkan adonan ke dalam 12tabung pada wajan penggoreng.

Agung Budi hanya membutuhkan waktu tiga hari bagi untuk merakit dan proses kalibrasi alat itu. Hasil kreasinya pun mendapat pujian akun @lantip.

Bikin robot untuk bantu ibu jualan cilor. (@lantip)
Bikin robot untuk bantu ibu jualan cilor. (@lantip)

"Alumni SMKN 1 Purworejo angkatan 2019, mbikin lengan robot untuk ibunya yang pedagang penganan, pakai arduino. Hanya 3 hari untuk kalibrasi antara sedotan adonan telur ke penempatan tetesan tiap ceruk di loyang. Keren Mas Agung Budi Wibowo! Nuwun @sandalian sudah ditag."

Sementara itu, akun @dabgetupp yang membalas cuitan @lantip menyatakan kekaguman atas kemampuan Agung Budi yang mampu mengerjakan tangan robotik tersebut.

"Ngitung x,y, suction varicam, sama integrasi motor step, stroke juga kudu detail. Wah wangun iki, dikerjaanku pake kawasaki robotics meh mirip konsep. Nglumpuke cah ngene ki cacahe puluhan we wis wani ngisi pasar cilik2an, njaluk tulung sapa ya?" komentarnya.

Hingga Minggu (16/2/2020) kemarin, video bertajuk "Pemuda Super Kreatif, Ibunya Dibuatkan Tangan Robot" telah ditonton 77.200 kali oleh warganet. (*Chandra Iswinarno)

Berita Terkait

Berita Terkini