Food

Geger Bangkai Tikus dan Kecoa, 3 Restoran Nasi Kandar Ini Gulung Tikar

Petugas kesehatan MBPP temukan bangkai tikus, kotoran hingga kecoa di ketiga restoran nasi kandar ini.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Ilustrasi nasi kandar khas Penang, Malaysi. (Unsplash/Louis Hansel)
Ilustrasi nasi kandar khas Penang, Malaysi. (Unsplash/Louis Hansel)

Guideku.com - Sebuah restoran atau warung makan sejatinya wajib menjaga kebersihan tempat serta makanan yang hendak mereka sajikan. Namun, lain halnya dengan apa yang baru-baru ini menimpa 3 warung nasi kandar populer di Penang, Malaysia.

Ya, seperti yang berhasil dikutip Guideku.com dari laman World of Buzz, Senin (24/2/2020), disebutkan bahwa 3 restoran nasi kandar di Penang terpaksa gulung tikar dan dikenakan sejumlah denda.

Bukan tanpa alasan, restoran nasi kandar populer ini dikenai denda sejumlah 200 ringgit Malaysia akibat melakukan pelanggaran.

Salah satunya yakni Deen Maju Nasi Kandar yang dinyatakan bersalah karena meletakkan bahan mentah di lantai. Dikhawatirkan bahan makanan yang hendak dimasak tersebut bisa terkontaminasi oleh bakteri.

Tak hanya itu, sebuah restoran nasi kandar di wilayah Gurdwara juga dijadikan target operasi oleh Dewan Kota Pulau Penang (MBPP).

Ilustrasi Kecoa. (Pixabay)
Ilustrasi Kecoa. (Pixabay)

Temuan inspeksi mendadak ini juga begitu mengejutkan. Pasalnya, petugas menemukan bangkai dan kotoran tikus serta kecoa hidup.

Akibat tidak menjaga kebersihan, Bawani Murgsan selaku petugas kesehatan MBPP menyatakan tiga restoran nasi kandar tersebut diperintahkan untuk ditutup secepatnya. Empat dari restoran nasi kandar ini juga dikenai denda sebesar 520 ringgit Malaysia.

Nasi kandar sendiri sebenarnya merupakan salah satu kuliner khas Malaysia. Kuliner khas Negeri Jiran tersebut, terdiri dari nasi putih yang biasanya disajikan dengan lauk pauk berupa sayur kari dan daging.

Kaya akan rempah, nasi kandar umumnya dibanderol mulai dari harga 10 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 32 ribuan.

Duh, semoga tidak ada lagi warung nasi kandar yang asal-asalan menjual sajian andalan mereka dalam keadaan dapur kotor dan dipenuhi kotoran hewan, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini