Food

Menu Sarapan Legit, 4 Rekomendasi Bubur Tradisional Paling Nagih

Bubur sumsum hingga candil, mana menu favorit Anda?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Ilustrasi bubur tradisional Indonesia. (Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron)
Ilustrasi bubur tradisional Indonesia. (Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron)

Guideku.com - Terkadang, mungkin Anda bingung dengan menu sarapan apa yang akan disantap di pagi hari. Kalau lagi bosan dengan nasi, mungkin Anda bisa mencoba menu sarapan bubur tradisional.

Misalnya saja bubur mutiara. Selain punya cita rasa manis, berbagai bubur tradisional ini porsinya terbilang cukup mengenyangkan.

Berikut Suara.com rangkum 4 bubur tradisional yang masih banyak digemari banyak orang dan sering dijadikan sebagai menu sarapan.

1. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam (Instagram/@gadogadocartel_official)
Bubur Ketan Hitam (Instagram/@gadogadocartel_official)

Memiliki kombinasi rasa legit dan manis, bubur ketan hitam ini bisa dibilang cocok untuk dijadikan pilihan menu sarapan pagi.

Bubur ini terbuat dari beras ketan hitam yang disajikan dengan kuah santan kelapa bertekstur kental. Kendati warnanya hitam, rasa bubur ketan hitam ini sama sekali tidak pahit. 

2. Bubur Candil

Bubur Candil. (Instagram/@shintaratnaningrum)
Bubur Candil. (Instagram/@shintaratnaningrum)

Bubur ini cukup unik dan memiliki tampilan menggugah selera. Terbuat dari adonan tepung ketan yang diuleni, bahan tadi lalu dibentuk menyerupai bola-bola kecil.

Agar rasanya manis, bola-bola tadi direndam di dalam air gula merah. Jika sudah matang disajikan dengan siraman kuah santan kelapa.

3. Bubur Sagu Mutiara

Bubur Sagu Mutiara. (Instagram/@dapurfio)
Bubur Sagu Mutiara. (Instagram/@dapurfio)

Bubur sagu mutiara tak kalah lezat untuk dijadikan menu sarapan. Bubur ini terbuat dari butiran sagu mutiara yang direbus bersamaan dengan daun pandan dan air. Jadi, tidak heran jika aroma dari bubur sagu mutiara ini begitu harum.

Warna merah muda bubur sagu mutiara ini begitu cantik dan menggugah selera. Umumnya jika sudah matang, bubur ini disantap bersama santan kelapa.

4. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum. (Instagram/@cake_mbekasi)
Bubur Sumsum. (Instagram/@cake_mbekasi)

Terakhir ada bubur sumsum khas Indonesia. Memiliki cita rasa manis, bubur ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Dinamakan bubur sumsum karena memiliki warna putih bak tulang sumsum.

Bubur sumsum ini juga dapat dengan mudah Anda beli di toko kue dan pasar tradisional di pagi hari. Biasanya, bubur sumsum disajikan bersamaan dengan gula merah cair.

Selain jadi menu sarapan, bubur sumsum ini sering disajikan dalam sejumlah acara adat di Pulau Jawa.

Berita Terkait

Berita Terkini