Food

Ramai Bikin Jamu Buat Cegah Corona, Netizen: Kuah Soto Juga Pakai Rempah

Meski memiliki rasa pahit, jamu menjadi salah satu minuman yang disebut-sebut mampu mencegah corona.

Silfa Humairah | Amertiya Saraswati

Ilustrasi Bahan Jamu (Pixabay/sergioyahni)
Ilustrasi Bahan Jamu (Pixabay/sergioyahni)

Guideku.com - Sejak beredarnya kabar dua warga Indonesia yang positif mengidap COVID-19, berbagai cara untuk mencegah tertularnya virus corona pun ramai dibicarakan.

Salah satu cara yang ramai beredar di internet adalah dengan meminum jamu dari bahan-bahan seperti temulawak, jahe, serai, hingga kunyit.

Meski rempah-rempah tersebut belum terbukti secara spesifik mampu menangkal virus corona, namun kandungan di dalamnya memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Belum lama ini, seorang netizen, lewat akun @FOODFESS2 membagikan curhatannya yang disuruh minum jamu dalam rangka mencegah virus corona.

Di sana, netizen ini tampak menyematkan foto sepanci jamu yang terbuat dari potongan temulawak, jahe, kayu manis, hingga serai yang direbus.

"Mama bikin ginian katanya buat mencegah corona masa, terus dipaksain minum aku tuh, tulung pemaksaan pada anak ini. Mau jadi udang aja," curhat netizen tersebut.

Curhat Netizen Minum Jamu Untuk Cegah Corona (twitter.com/FOODFESS2)
Curhat Netizen Minum Jamu Untuk Cegah Corona (twitter.com/FOODFESS2)

Namun, alih-alih bersimpati, netizen lainnya malah ramai memberikan nasihat. Beberapa juga ramai menceritakan pengalaman mereka meminum jamu serupa.

"Nder percaya aja deh, mamaku juga bikin gituan. Kerasa banget efeknya ke tubuh, setiap ada simptom mau sakit selalu nggak jadi atau besoknya reda. Nurut aja deh nder, bersyukur harusnya mamamu mau bikinin."

"Minum aja itu buat nambah kesehatan tubuh juga kok. Kalau nggak suka baunya ambil di gelas tanpa rempah-rempahnya terus tutup hidung," saran yang lain.

"Ih minum aja atuh. Jangan kaya aku udah 3 hari drop. Tidur cuma 3 jam. Sendirian di kosan nggak ada yang ngurus sama perhatiin. Punya cowok juga tapi udah jarang ngapa-ngapain," curhat salah satu komentar.

Di sisi lain, ada juga yang berusaha menghibur dan balas memberikan candaan.

"Kata mama akunya yang harus direbus kalau abis keluar rumah biar pas masuk rumah steril lagi, bukan ramuan itu yang direbus."

"Minum kuah soto aja, di dalamnya juga sudah terkandung rempah-rempah yang lengkap," imbuh yang lain.

Kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu termasuk yang doyan minum jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Catatan Redaksi:
Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini