Food

Semangka Bentuk Kubus Bikin Melongo, Ini Lho Rahasianya!

Ide orang Jepang kreatif nih, selain jual rasa juga jual keunikan bentuk semangka kubus ini

Silfa Humairah

Semangka kubus. (Youtube/RTR Japan)
Semangka kubus. (Youtube/RTR Japan)

Guideku.com - Semangka memang memiliki banyak bentuk, mulai dari bulat hingga lonjong. Namun, pernahkah Anda melihat semangka berbentuk kotak atau kubus?

Semangka berbentuk kubus yang tumbuh subur di Jepang. Meski ada banyak buah-buahan unik dari seluruh dunia, semangka dari Jepang dengan bentuk nggak biasa ini jadi yang paling bikin masyarakat dunia terpana nih!

Nggak seperti semangka pada umumnya yang bentuknya bundar, buah dengan daging merah dan kuning ini tidak bisa digelindingkan karena bentuknya. Tidak sedikit orang yang penasaran dengan cara menumbuhkan dan merawatnya.

Ilustrasi Semangka (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi Semangka (Pixabay/congerdesign)

Setelah ditelusuri, banyak warga Jepang yang mencoba-coba untuk memberikan alternatif buang tangan dari negaranya. Terlebih lagi dari wilayah Pulau Shikoku yang menjadi daerah asal semangka kotak ini dilansir Guideku dari Keepo.me.

Salah satu warganya yang berprofesi sebagai petani semangka bernama Yamasta-san pun membocorkan rahasia dari semangka kubus ini. Menurut penuturannya, tidak ada perawatan khusus hingga ukuran semangka sudah memasuki ukuran sedang. Setelah itu, semangka dimasukkan ke dalam sebuah kotak besi dan dibiarkan hingga membesar dan bentuknya mengikuti pola.

Setiap harinya, semangka di kebun harus diperhatikan dengan teliti. Buah ini harus dirawat penuh kasih seperti merawat anak sendiri. Setelah bentuknya sempurna menjadi kubus, baru semangka digunting dan di-packing di kardus.

 Setiap buah di kebunnya harus diecek beberapa hari sekali untuk memastikan tidak ada yang terhimpit, pecah, hingga mendapatkan asupan air yang cukup.

Jika waktu memanennya tidak tepat, bisa saja buahnya belum matang atau malah terlalu matang. Susah-susah gampang ya untuk menghasilkan semangka ini. 

Berita Terkait

Berita Terkini