Food

Segar di Kenangan Soto Triwindu di Solo yang Jadi Favorit Ibunda Jokowi

Ibunda Jokowi dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memiliki makanan favorit di kampung halamannya

Silfa Humairah

Makanana favorit Jokowi dan keluarga di Solo. (Instagram/mgdalenaf)
Makanana favorit Jokowi dan keluarga di Solo. (Instagram/mgdalenaf)

Guideku.com - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia pada hari ini, Rabu (25/3/2020).  Beliau meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

Dalam sebuah tayangan, segar di ingatan, Jokowi menuturkan kerap mengajak keluarga termasuk ibundanya makan bersama di tempat makanan favorit mereka saat pulang ke kampung halaman mereka di Solo.

Jokowi menuturkan  Warung Soto Triwindu menjadi favoritnya dan keluarga saat mengunjungi kampung halamannya di Solo sudah sejak lama.

Apa yang biasanya paling dirindukan dari kampung halaman? Kuliner tentu menjadi salah satu jawabannya. Begitu pula dengan Ibunda Jokowi dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memiliki makanan favorit di kampung halamannya.

Sebuah video bertajuk JKWKuliner Makan-Makan di Solo. Video ini diunggah melalui akun YouTube Presiden Joko Widodo pada Rabu, 7 Agustus 2019.

Beralamat diJalan Teuku Umar No.43, Keprabon, Surakarta. Soto Triwindu dikenal menjadi soto legendaris sejak tahun 1930-an, menunya dari zaman ke zaman tidak berbeda. Khasnya  terletak pada kuahnya yang nyummy... gurihnya bikin nagih, pantas aja semasa hidup almarhumah tidak mau melewatkan kelezatan soto favoritnya ini.

Makanana favorit Jokowi dan keluarga di Solo. (Instagram/dwimurti._)
Makanana favorit Jokowi dan keluarga di Solo. (Instagram/dwimurti._)

Perbedaannya terletak apda bumbunya lho. Kayak rempah dan pilihan lauk pauknya banyak. Makanan menunya satu, lauknya banyak.

satu porsi soto terdiri atas nasi, taoge, seledri, daging, kemudian ditaburi bawang goreng.

Kalau lauknya dari daging, empal, paru, otak, lidah, tempe, tahu, lento. Bapak itu kesukaannya lauknya tempe daun garing. Biasanya lidah goreng ya sama paru goreng

Seorang netizen pun mengunggah fotonya saat mengunjungi Warung Soto Triwindu, dan alasan datang karena penasaran makanan kesukaan keluarga presiden RI ini. Dalam akun instagram @mgdalenaf, warganet ini menulis kelezatanya di warung memang pas jadi rekomendasi.  

Soto triwindu favorit Pak @jokowi di Solo Gw kesini gegara liat vlog #JKWKuliner di youtube dan mumpung lagi ke Solo kenapa ga mampir ke soto legendaris sejak tahun 1930-an ini. Mereka hanya menjual soto bisa pilih pakai nasi/tidak lalu dimeja disajikan beragam gorengan seperti tempe-tahu bakso-tahu dan pastinya sambal! Karakter sotonya itu kuah bening, segar, dan gurih. Jadi cocok disandingkan dengan sambal dan para pendampingnya bikin makin mantap, tulisnya. 

tungdesemwaringin.tdw, "Antar Mama... eh tepatnya diantar Mama makan pagi di Soto Triwindu. Legendaris. Enak. Top. Sekarang berkat jalan Tol Semarang Solo hanya 1 jam sampai. Surabaya Solo hanya 2 jam an sampai. Tiap hari Libur Kuliner dan Pariwisata Solo jadi Ramai. .Saya setiap bulan pulang Solo, sudah beberapa kali ini ketika mau kuliner di tempat2 Legendaris seperti Adem Ayem, Nini Towong, Timlo Sastro, dll jadi Antri."

Kalau kamu yang pernah ke Solo sudah nyicipi kelezatan Soto Triwindu makanan favorit keluarga Jokowi ini belum?
.

Berita Terkait

Berita Terkini