Food

Tetap Phisical Distancing, Turki Hidupkan Tradisi Utsmani Bagikan Sahur

Petugas publik Turki pun membawa nampan berisi makanan sahur ke rumah-rumah warga lansia yang membutuhkan

Silfa Humairah

Ilustrasi Liburan ke Turki (Pixabay/xxoktayxx)
Ilustrasi Liburan ke Turki (Pixabay/xxoktayxx)

Guideku.com - Phisical distancing saat Ramadan , bukan berarti keinginan berbuat baik ke jalan terhalang. Di Turki, sekelompok orang anggota Kelompok Dukungan Sosial Wafa membagikan hidangan sahur gratis kepada para lansia demi menghidupkan kembali tradisi Utsmani dahulu.

Bukan tanpa alasan, karena efek pandemi Covid-19 yang memberlakukan pembatasan keluar rumah, banyak orang kemudian kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini terutama dialami oleh mereka yang memiliki penyakit kronis dan para lansia berusia 65 tahun ke atas.

Untunglah, para anggota Kelompok Dukungan Sosial Wafa, yang terdiri dari polisi, gendarmerie, dan berbagai anggota lembaga publik lainnya, siap siaga menerima panggilan hotline dan dengan cepat akan membantu warga yang membutuhkan.

Para petugas publik Turki pun membawa nampan berisi makanan sahur ke rumah-rumah warga lansia yang membutuhkan.

Sejumlah petugas pelayanan publik di kota Tunceli, Turki, mengetuk pintu-pintu rumah lansia untuk membagikan makanan sahur di atas nampan yang dilengkapi dengan lilin hiasan.

Ini seperti mereka menjalankan tradisi "menawarkan makanan sahur dari pintu ke pintu" yang telah dilakukan secara turun-temurun dari nenek moyang mereka.

Selain memastikan tradisi ini tidak terlupakan, mereka juga telah menenangkan hati para lansia di tengah pandemi Covid-19.

Para lansia yang menerima nampan sahur itu amat berterima kasih kepada petugas dan menyatakan kepuasan mereka.

Dikutip dari Anadolu, kelompok Dukungan Sosial Wafa ini terdiri dari petugas pelayanan publik yang ditugaskan oleh pemerintah Turki untuk melayani masyarakat dan menyalurkan bantuan selama pembatasan sosial akibat Covid-19 dengan tetap lakukan phisical distancing dan perlengkapan masker. (Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini