Food

4 Makanan Sumber Mineral Zinc, Baik Dikonsumsi saat Bulan Puasa

Bulan puasa dalam masa pandemi virus corona seperti Anda membutuhkan sumber mineral zinc

Silfa Humairah

Telur ceplok. (Shutterstock)
Telur ceplok. (Shutterstock)

Guideku.com - 4 Makanan Sumber Mineral Zinc, Baik Dikonsumsi saat Bulan Puasa

 Bulan puasa dalam masa pandemi virus corona seperti sekarang ini tentunya Anda membutuhkan sumber makanan bergizi dan sumber mineral zinc saat sahur dan berbuka.

Zinc merupakan mineral yang penting dalam pembuatan sel-sel imun tertentu. National Institute of Health (NIH) memperingatkan bahwa kadar zinc yang rendah bisa merusak fungsi kekebalan tubuh.

Sehingga kebutuhan mikronutrien ini sangat dibutuhkan terutama dalam masa pandemi virus corona seperti sekarang, di mana kekebalan tubuh sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Dikutip dari Men's Health, penuhi kebutuhan zinc Anda dengan mengonsumsi empat makanan yang jadi sumber terbaik khususnya di bulan puasa dalam masa pandemi virus corona seperti sekarang.

1. Cokelat Hitam

Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)
Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)

Dalam 28,3 gram dark chocolate atau cokelat hitam yang mengandung 70-85 persen kokoa memberikan lebih dari 8 persen kebutuhan zinc harian Anda. Umumnya, semakin gelap cokelatnya akan semakin besar kandungan zinc-nya. Pastikan konsumsi yang bebas gula.

2. Biji labu

Buah labu punya banyak manfaat tersembunyi. (Shutterstock)
Buah labu punya banyak manfaat tersembunyi. (Shutterstock)

Biji labu sedang digandrungi belakangan ini sebagai superfood. Kecil-kecil cabai rawit, biji labu merupakan sumber zinc terbaik dengan sekitar 8 mg zinc per 85 gram. Biji labu juga menjadi sumber protein nabati dan serat yang baik.

3. Keju

Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]
Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]

Sekitar per 85 gram keju Cheddar mengandung sekitar 28 persen kebutuhan zinc harian Anda, dan zinc mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa mengonsumsi keju untuk sekaligus menambahkan kalsium dan sejumlah protein juga.

4. Telur

Resep Nasi Telur ala Nex Carlos. (Youtube/William Gozali)
Resep Nasi Telur ala Nex Carlos. (Youtube/William Gozali)

Anda bisa mengonsumsi telur dalam bentuk apa saja, direbus, diorak-arik, dikukus, ada digoreng ceplok. Dalam telur terkandung banyak protein dan zinc, serta sederet vitamin dan mineral. Dalam satu butir telur berukuran besar terkandung 5 persen dari kebutuhan zinc harian Anda. (Frieda Isyana Putri)

Berita Terkait

Berita Terkini