Food

Sering Salah Kaprah, 5 Sayuran Ini Rupanya Sejenis Bunga dan Buah-buahan

Paprika sering kali dianggap sayuran, padahal sebenarnya dia termasuk buah-buahan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi jagung. (Unsplash/Virgil Cayasa)
Ilustrasi jagung. (Unsplash/Virgil Cayasa)

Guideku.com - Banyak orang kerap merasa bingung harus menyebut tomat sebagai sayur atau buah. Sebenarnya, tomat itu sayur atau buah?

Selain tomat, masih ada buah-buahan yang sering sayur. Sebaliknya, ada juga bahan makanan yang dikira buah tapi ternyata adalah sayur.

Nah, berikut 5 tumbuhan yang selama ini dikenal sebagai sayuran tapi sebenarnya buah, mengutip dari The Daily Meal.

1. Paprika

Merah, kuning atau hijau, paprika kerap dibuat untuk bumbu masakan. Selain rasanya yang memberi rasa asam dan pedas, tumbuhan satu ini sebenarnya merupakan buah. 

Sama seperti cabai pedas, jalepeno yang tumbuh di banyak negara bagian Texas. Cabai satu ini juga masuk golongan tumbuhan buah-buahan.

2. Jagung

Ilustrasi jagung. (Shutterstock)
Ilustrasi jagung. (Shutterstock)

Kerap jadi pelengkap sayur lodeh, sayur asam, hingga dibuat popcorn. Tumbuhan yang bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat ini adalah jenis buah-buahan.

Jagung adalah jenis buah yang berbiji masuk golongan caryopses. Golongan buah caryopses dikenal dengan karakter buah dan bijinya yang menyatu sehingga ideal diolah dengan cara dikeringkan.

3. Labu 

Sering diolah jadi sayur baik lodeh, sayur asam, hingga tumis labu dan sebagai pengganti karbohirat. Labu di luar negeri juga digunakan untuk perayaan halloween.

Seperti alpukat, labu tumbuh di atas tanaman dan mengandung biji di dalamnya. Labu dan buah-buahan yang bijinya di dalam dikenal punya daging yang manis.

4. Brokoli

Jika brokoli bukanlah masuk golongan sayur maupun buah, tapi tumbuhan ini adalah bunga. Ini karena pada brokoli tangkai besarnya tak bisa dimakan, dan cuma bagian bunganya.

Sedangkan, sayuran adalah segala sesuatu yang tangkainya dapat dimakan dan diolah. Pada brokoli, tangkai berbunga dipanen sebelum berbunga.

5. Kembang kol dan kubis 

Ilustrasi kembang kol. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kembang kol. (sumber: Shutterstock)

Seperti brokoli, dua tanaman ini masuk kategori bunga, di mana batang biasanya tidak dikonsumsi. 

Walau tampaknya mereka tak seperti bunga karena warnanya yang tidak cerah tapi kedua tumbuhan ini juga bisa melengkapi meja makan dan mengandung vitamin. (*Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini