Food

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Ayam Geprek Jakarta dan Yogyakarta

Seorang pria menunjukkan perbedaan ayam geprek Jakarta dan Yogyakarta

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna

Nasi ayam geprek. (Guideku.com/Rima Sekarani I.N.)
Nasi ayam geprek. (Guideku.com/Rima Sekarani I.N.)

Guideku.com - Ayam geprek jadi salah satu makanan yang banyak digemari, terutama oleh para pecinta pedas. Ayam yang dihancurkan bersama dengan sambal ini memang memiliki rasa yang cukup unik.

Namun, rupanya ada dua versi ayam geprek yaitu Yogyakarta dan Jakarta. Perbedaan itu dibagikan oleh akun TikTok @javafoodie.

Pada video singkatnya, ia memperagakan perbedaan dari ayam geprek di dua daerah itu. Meskipun sama-sama menggunakan ayam krispi dan sambal, teknik menggepreknya lah yang berbeda.

Untuk ayam geprek versi Jakarta, dalam video itu ayam krispi hanya ditumbuk satu sampai dua kali. Ayamnya pun tak sampai benar-benar hancur.

Kemudian, sambalnya akan dioleskan di atas ayam geprek. Ayam geprek versi Jakarta siap disantap dengan nasi hangat. 

Begini perbedaan ayam geprek Jakarta dan Yogyakarta (TikTok @javafoodie)
Begini perbedaan ayam geprek Jakarta dan Yogyakarta (TikTok @javafoodie)

Ayam geprek versi Yogyakarta hasil akhirnya cukup berbeda. Ayam krispi akan digeprek bersamaan dengan cabai dan dan bawang-bawangan. Ayam dan cabai pun akan digeprek sampai hancur dan tak berbentuk.

Seolah ingin menunjukkan seperti apa ayam geprek semestinya, pria ini tampak sangat emosional saat menggeprek ayam kedua. Namun, hasilnya benar-benar membuat dirinya bangga.

Kesimpulannya, ayam geprek versi Yogyakarta lebih hancur dibandingkan versi Jakarta. Peletakan sambalnya pun berbeda, Jakarta biasanya cuma dioles sedangkan Yogyakarta dihancurkan bersama dengan ayam.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini.

"Malah enakan gepreknya sampe hancur lebur. Soalnya pas dimakan lembut," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya turut memberi respons. "Gua lebih suka yang nggak hancur pas digeprek," ujar warganet ini.

"Asli. Ayam geprek Jakarta bukan ayam geprek. Itu mah ayam tampar sambal oles," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, video perbedaan ayam geprek Jakarta dan Yogyakarta sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali. Ayam geprek mana yang lebih kamu sukai? Apakah ayam geprek versi Jakarta atau Yogyakarta?

Berita Terkait

Berita Terkini