Food

Gegara Kerap Jajan Sembarangan, Wanita Ini Mengidap Tumor Payudara

Wanita ini tak pernah menyangka akan terkena tumor payudara akibat pola makannya yang tak sehat.

Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna

Ilustrasi burger. (Pixabay/Fotorech)
Ilustrasi burger. (Pixabay/Fotorech)

Guideku.com - Menjaga pola makan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang kurang memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Seorang wanita membagikan pengalamannya saat terkena penyakit fibroadenoma mammae (FAM) atau tumor jinak payudara. Pengalaman ini ia bagikan melalui akun TikTok @dinaamaalia.

Mi instan, telur gulung, gorengan, makanan cepat saji dan makanan tak sehat lainnya kerap masuk ke tubuh Dina.

Pola makan yang tak sehat serta kerap jajan sembarangan inilah yang menyebabkan timbulnya penyakit. Makanan instan dan berminyak memicu tumbuhnya tumor di payudara Dina.

Tahun 2017, Dina mengatakan payudaranya kerap terasa gatal. Dirinya lalu didiagnosis terkena FAM pada tahun 2019 silam.

Wanita ini terkena tumor payudara akibat pola hidup yang tak sehat (TikTok @ dinaamaalia)
Wanita ini terkena tumor payudara akibat pola hidup yang tak sehat (TikTok @ dinaamaalia)

Ternyata, tak sedikit teman dan orang di sekitarnya yang mengalami hal serupa. Mereka bahkan sampai menjalankan operasi untuk pengangkatan tumor jinak.

Pada akhirnya, Dina bertahan dengan menjadi vegetarian dan minum vitamin selama menjalani pengobatan Fibroadenoma mammae (FAM) beberapa bulan. Dirinya juga menjaga pola hidup yang sehat untuk kesembuhannya.

Video ini rupanya menarik banyak perhatian warganet. Ribuan komentar memenuhi unggahan ini.

"Yap ini menjadi pengingat. FAM banyak banget menyerang wanita usia muda. Kenapa? Salah satunya karena gaya hidup (makanan) yang tidak sehat," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya juga turut berkomentar. "Sebenernya boleh kok makan junk food, micin, ayam. Tapi inget nggak boleh berlebihan. Nggak tiap hari atau tiap saat," ujar warganet ini.

"Oh iya. Untuk yang pernah punya FAM dan udah di operasi itu bisa tumbuh lagi. Karena aku kayak gitu. Tapi kalo pola makan sehat, dia hilang lagi kok," tulis warganet berbagi pengalaman dan penjelasan.

Sementara itu, satu hari setelah diunggah, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 3 juta kali di TikTok.

Berita Terkait

Berita Terkini