Food

Untung Melimpah Modal Terjangkau, Intip 7 Ide Bisnis Kuliner Berikut Ini

Modalnya tak banyak, simak 7 ide bisnis kuliner yang bisa dicoba di tengah pandemi berikut.

Arendya Nariswari

Ilustrasi ide bisnis makanan (Pixabay/piyalis14)
Ilustrasi ide bisnis makanan (Pixabay/piyalis14)

Guideku.com - Ide bisnis makanan menjadi salah satu solusi di tengah pandemi. Dengan untung melimpah, untuk melakukan bisnis kuliner ini terbilang cukup menjanjikan.

Kondisi pandemi Corona yang  belum juga berakhir, membuat banyak orang kemudian mencari peluang usaha lainnya.

Ide bisnis kuliner ini bisa jadi solusi dengan modal kecil namun untungnya melimpah.

Dilansir dari laman Forbes, bisnis ritel online menjadi sektor yang bertahan baik di tengah Pandemi Covid-19. Ada berbagai produk yang laku di tengah pandemi mulai dari kuliner, pakaian, aneka perabotan, dsb. Kenapa makanan? Sebab, masih banyak orang yang tidak bisa atau pun malas memasak di rumah, sehingga memerlukan jasa penyedia makanan.

Apalagi banyak warung makanan yang tutup akibat pandemi, sehingga semua beralih pada bisnis yang dijalankan secara online. Oleh karenanya, dengan mencoba salah satu ide bisnis makanan bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan pendapatan.

Namun, ada banyak kendala untuk merealisasikan ide bisnis makanan. Salah satu kendalanya ialah modal. Maka dari itu, berikut ide bisnis makanan dengan modal kecil tapi bisa mendapat untung yang besar.

1. Katering Makanan Sehat

Di tengah pandemi Covid-19, makanan sehat sangat diminati masyarakat. Meski dijual cukup mahal, makanan sehat sangat diminati oleh mereka yang peduli akan kesehatan.

Kamu bisa membuka katering makanan sehat dan memasak sesuai pesanan. Dengan cara begitu, kamu tidak memerlukan banyak modal dan tidak perlu takut rugi karena makanan tak laku terjual.

2. Olahan Ayam

Makanan dengan lauk ayam memang tak pernah sepi peminat. Hampir seluruh masyarakat Indonesia sangat menggemari olahan ayam, mulai dari ayam krispi, ayam geprek, ayam gulai, ayam kecap, ayam aneka bumbu lainnya, seperti blackpepper, teriyaki, gochujang, dsb.

Selain banyak diminati, mengolah ayam juga terbilang mudah. Bahkan, kamu tidak perlu takut rugi karena kamu bisa menyimpan ayam ke dalam freezer agar lebih tahan lama.

3. Kopi Kekinian

Anak Suka Minum Kopi Kekinian. (Shutterstock)
Anak Suka Minum Kopi Kekinian. (Shutterstock)

Kopi kekinian juga banyak diminati masyarakat belakangan ini dan menjadi ide bisnis makanan yang menjanjikan. Pasalnya, kopi kekinian yang cenderung manis bukan pahit cocok dijadikan teman bersantai di rumah.

Kamu bisa menjual kopi kekinian kemasan literan seperti yang kini tengah banyak dipesan orang. Untuk membuat kopi kekinian yang nikmat kamu juga bisa belajar dari berbagai sumber salah satunya, YouTube.

4. Aneka Sayur, Bumbu, dan Daging Segar

Kamu juga bisa membuat ide bisnis makanan tanpa perlu ribet. Pasalnya, aneka sayur, lauk-pauk, dan daging fresh banyak diminati orang, terutama kaum ibu-ibu.

Kamu tinggal membeli sayur mayur dari tengkulak dan mengemas ulang dengan tampilan lebih menarik kemudian menjualnya. Tak perlu mengantar langsung, kini aplikasi penjemput makanan sudah siap membantu melancarkan bisnismu.

5. Camilan

Makaroni Ngehe. (Instagram/@ngehe_id)
Makaroni Ngehe. (Instagram/@ngehe_id)

Seperti layaknya kopi kekinian yang banyak diminati, kamu bisa membuat usaha camilan. Pasalnya, aneka camilan seperti makaruni, kue kering, kacang-kacangan cukup banyak digemari.

Tak perlu repot-repot belajar memproduksi camilan. Kamu bisa membeli campilan kiloan yang banyak dijual di pasaran, kemudian mengemas ulang dan menjualnya. Untuk usaha ini tidak perlu memiliki modal besar, tapi jualan dijamin untung banyak. Itulah rahasia jualan camilan yang menjadi ide bisnis makanan tidak kenal musim. 

6. Makanan Beku

Ilustrasi frozen food. [ElasticComputeFarm/Pixabay]
Ilustrasi frozen food. [ElasticComputeFarm/Pixabay]

Makanan beku juga menjadi alternatif di tengah kondisi yang minim mobilitas ini. Aneka jenis makanan beku mulai dari ayam berbumbu, kebab, nugget, risol, bakso, cireng, galantin, dimsum sangat cocok dan mudah dibuat dalam industri rumahan. Kamu hanya memerlukan tambahan modal seperti alat vakum press plastik dan stiker sebagai label jualanmu.

7. Minuman Kesehatan

Usaha minuman kesehatan juga sangat diminati masyarakat di tengah Pandemi. Beberapa minuman kesehatan, seperti jamu dan ramuan penurun berat badan dalam kemasan botol cukup banyak menarik pembeli.

Pasalnya, selain sehat minuman-minuman tersebut juga tidak banyak orang yang mau membuat sendiri di rumah. Nah, hal itulah yang bisa jadi peluang besar untuk membuat ide bisnis makanan. Jadi ide bisnis makanan apa yang mau kamu coba? (Suara.com/Rifan Aditya/Lolita Valda Claudia)

Berita Terkait

Berita Terkini