Food

Cocok untuk Lahan Sempit, Begini 6 Langkah Menanam Kentang di Pot

Bingung mau tanam apa di lahan sempit, yuk simak cara menanam kentang di pot berikut ini.

Arendya Nariswari

Ilustrasi Kentang (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi Kentang (Pixabay/congerdesign)

Guideku.com - Tak banyak yang tahu jika tidak selamanya kentang harus ditanam di lahan luas. Ternyata kentang ini bisa ditanam dalam pot lho!

Lalu bagaimana caranya agar tanaman kentang bisa tumbuh baik di pot?  Jelas bahwa cara menanam kentang di pot berbeda dengan cara menanam kentang seperti biasanya di lahan pertanian. Maka dari itu simak ulasan berikut ini.

Cara Menanam Kentang di Pot

1.       Bibit kentang

Tips pertama adalah pastikan bahwa bibit kentang yang akan anda tanam merupakan bibit yang berkualitas. Semakin berkualitas bibit yang anda pilih maka akan semakin maksimal juga hasil kentang saat anda panen nanti.

Pastikan bibit kentang yang akan anda tanam berusia 70-90 hari, artinya kentang sudah dalam keadaan setengah matang.

2.       Media tanam untuk kentang

Cara menanam kentang di pot yang kedua adalah menyiapkan media tanam. Ada beberapa pilihan yang dapat anda pilih dalam menanam kentang, yakni polybag dan pot.

Keduanya sama-sama dapat digunakan selama memiliki lubang drainase. Selain itu siapkan campuran antara pupuk kompos dan tanah humus sebagai media tanam.

Yang disini perlu anda perhatikan adalah luas wadah yang anda gunakan untuk menanam kentang. Pastikan bahwa ada cukup ruang yang nantinya akan menjadi tempat kentang untuk tumbuh. Semakin besar diameter pot atau polybag, maka semakin besar juga ukuran kentang nantinya. 

3.       Cara tanam kentang

Masukan campuran media tanam yang sudah dibasahi ke dalam pot, kira-kira 10cm dari total ukuran pot. Pastikan bibit tunas kentang yang anda tanam menghap kearah atas. Jika kentang yang anda terlalu besar anda dapat membaginya ke dalam beberapa potongan.

4.       Perawatan kentang

Pastikan anda melakukan perawatan pada kentang yang anda tanam, perawatan dapat berupa menyiram air seecara rutin dan secukupnya, memberikan pupuk dan posisi pot menghadap matahari.

5.       Cara panen kentang

Tumbuhnya kentang ditandai dengan menguningnya warna batang, ketika anda mendapati hal ini hentikan maka hentikan penyiraman. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kentang sudah dapat di panen.

Biasanya kentang membutuhkan waktu 90-120 hari untuk kemudian dapat dipanen.

6.       Cara menyimpan kentang

Sebelum anda simpan hasil panen kentang anda, keringkan terlebih dahulu kentang yang sudah anda panen. Setidaknya dalam waktu 2 minggu sampai kentang benar-benar kering baru kemudian bisa anda simpan. Jangan simpan kentang pada suhu yang lembab karena akan mempercepat proses pembusukan.

Demikian adalah ulasan tentang cara menanam kentang di pot, tentunya hal ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin bercocok tanam namun tidak memiliki lahan yang cukup. Semoga bermanfaat. (Suara.com/Dhea Alif Fatikha)

Berita Terkait

Berita Terkini