Kembar tapi Tak Sama, Yuk Kenalan dengan Croast Saudara Croffle yang Hits

Wah, jadi apa ya perbedaan antara croast dan croffle ini? Lalu enak yang mana ya?

Arendya Nariswari
Sabtu, 14 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Ilustrasi croffle. (Pixabay/juno1412)

Ilustrasi croffle. (Pixabay/juno1412)

Guideku.com - Baru-baru ini penggemar kuliner kekinian tengah dihebohkan dengan sajian croffle yang hits. Namun tahukah Anda, jika croffle ini punya kembaran bernama croast

Lalu apa ya, beda croffle dan croast ini? Mari kita simak selengkapnya berikut ini.  Kreasi croissant yang unik kini menambahkan daftar camilan yang tengah nge-hits.

Ada paduan croissant dan toast yang dikenal sebagai croast dan belum banyak dijual di toko roti Indonesia. Selain croast, ada pula croffle yang merupakan paduan nama dari croissant dan waffle.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Begini Cara Simpan Tepung Agar Tak Berkutu

Apa itu croast dan croffle serta apa perbedaan croast dan croffle? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Croast?

Pada Juli 2021 lalu, koki pastry asal New York, Dominique Ansel memperkenal kreasi barunya, croast yang merupakan paduan antara croissant dan toast atau roti panggang. Sebelumnya Dominique juga dikenal karena kreasi cronut atau croissant dan donat pada 2013 lalu.

Baca Juga: Disangka Susu, Publik Syok Orang Ini Celup Biskuit ke Getah Karet

Mengutip dari Nolisoli, croast diolah menggunakan teknik laminasi dengan bentuk berbeda, yaitu silinder dan kotak yang serupa dengan bentuk roti tawar. Croast memiliki warna cokelat keemasan serta memiliki dua varian rasa, yaitu maple dan sea salt.

Melansir dari laman Time Out, croast manis dengan rasa maple dibuat dalam bentuk silinder. Rasa maple berasal dari sirup maple alami yang bisa meningkatkan aroma dan cita rasa kue yang dipanggang ini.

Croissant toast alias croast, kreasi makanan pastry unik dan kekinian. (Instagram/@dangwenhlik)
Croissant toast alias croast, kreasi makanan pastry unik dan kekinian. (Instagram/@dangwenhlik)

Toast-nya dibentuk silinder dengan bagian luar croissant yang renyah dan seperti bersisik. Sementara bagian tengahnya lembut dan ringan.

Baca Juga: Bikin Nggak Habis Pikir, Orang Ini Masak Sebiji Popcorn di Wajan Besar

Untuk varian rasa croast gurih rasa sea salt, tersedia dalam benryuk kubus. Croast dengan varian rasa sea salt ini berasal dari adonan yang dilipat hingga 81 lapisan.

Untuk menyantap croast, dianjurkan untuk mengiris dan memanggangnya kembali sebelum dihidangkan bersama selai.

Apa itu Croffle?

Baca Juga: Pertama Kali Cuci Piring, Tangan Wanita Ini Nyangkut di Gelas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, croffle adalah gabungan nama dari croissant dan waffle. Namun tidak seperti namanya, croffle bukanlah croissant dan waffle yang diolah jadi satu. Ciri khas croffle terletak pada teknik pembuatannya. Croffle dibuat dengan menuangkan adonan croissant pada alat pemasak waffle.

Croffle ini pertama kali diperkenalkan pada 2017 oleh Louise Lennox, koki pastry asal Irlandia. Mengutip dari Bakemag, camilan kue favorit ini disajikan dengan taburan beberapa pilihan topping, mulai dari cokelat, keju, buah-buahan, olahan daging, dan lainnya.

Tekstur yang dimiliki croffle lebih padat dibanding croissant, namun tidak terlalu kering. Tekstur bagian dalamnya lebih lembut dan kaya mentega. Sekilas bentuknya memang mirip seperti waffle karena dicetak di alat pemasak waffle.

Sebagian teman makan croffle, kamu bisa menyantap croffle bersama kopi, teh atau susu di pagi hari. Yummy, dijamin pasti lezat dan mengenyangkan!

Setelah mengetahui kreasi croissant yang begitu menarik dan menggugah selera, tentu kamu bisa mengetahui perbedaan antara croast dan croffle. Sama-sama olahan dari kue pastry croissant dengan variasi rasa beragam, keduanya memiliki teknik pembuatan yang berbeda. Croast dengan teknik laminasi, sedangkan croffle dengan cetakan waffle. (Suara.com/Yulia)

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak