Food

Eksperimen Bikin Tempe Bunga Telang, Hasil Akhirnya Tak Terduga

Tempe bunga telang ini difermentasi selama dua dan tiga hari. Bagaimana bentuknya?

Hiromi Kyuna

Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)
Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)

Guideku.com - Tempe sudah menjadi salah satu makanan yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini dikenal memiliki harga yang cukup terjangkau.

Seorang pria lulusan teknologi pangan mencoba membuat tempe bunga telang. Eksperimen tersebut ia bagikan melalui akun TikTok @naktekpang.

Pria bernama Dennis ini mencampurkan kacang kedelai dengan beras hitam. Kedua bahan tersebut ia rendam semalaman dan sicuci serta dibersihkan kulitnya.

Kacang kedelai dan beras hitam itu direbus setengah jam. Setelah kering dan tidak panas, ia menambahkan cuka serta ragi tempe dan diaduk rata.

Dennis lantas menaruh bahan tersebut ke dalam plastik yang sudah diberi beberapa lubang. Ia juga menambahkan bunga telang pada percobaan tersebut.

Tempe bunga telang (TikTok @naktekpang)
Tempe bunga telang (TikTok @naktekpang)

Dennis membuat dua bungkus dengan waktu fermentasi yang berbeda yaitu dua dan tiga hari. Saat proses fermentasi aroma alkohol seperti tape tercium dari tempe tersebut. Rupanya hal ini disebabkan dari beras hitam yang tengah berfermentasi.

Untuk tempe yang difermentasi selama 2 hari tampak cantik dengan warna dominan putih. Sedangkan tempe yang difermentasi 3 hari berwarna lebih kuning dan aroma alkoholnya lebih kuat.

Kedua tempe itu kemudian digoreng tanpa bumbu. Sekilas tampilannya seperti tempe pada umumnya namun rasanya cukup berbeda.

Tempe tersebut memiliki aroma seperti tape ketan dan terasa asam saat dikunyah. Untuk tempe yang difermentasi selama 3 hari memiliki rasa yang lebih asam namun tetap enak.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Bunga itu biasanya dibikin jadi teh, ternyata bisa juga dibuat hiasan tempe ya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Dulu pernah bikin tempe di sekolah hasilnya gagal wkwkwk. Jadi pengen bikin lagi pakai bunga telang kayak gitu," ujar warganet ini.

"Ayo bang semangat bikin eksperimen tempe lagi. Menarik soalnya," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Selasa (7/9/2021), video ini sudah ditonton sebanyak ratusan ribu kali di TikTok.

Untuk melihat video selengkapnya, klik di sini!

Berita Terkait

Berita Terkini