Food

Bule Bagikan Cara Masak Tempe, Kemasannya Sukses Jadi Sorotan

Kemasan tersebut tampak jauh berbeda dengan tempe di Indonesia pada umumnya.

Hiromi Kyuna

Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)
Ilustrasi tempe goreng. (Shutterstock)

Guideku.com - Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang cukup mudah ditemui. Harganya yang murah pun membuat tempe banyak digemari masyarakat.

Seorang pria bule membagikan momen memasak tempe di akun TikTok @bakinghermann. Dalam unggahan itu ia membeli tempe kemasan dan siap mengolahnya bersama nasi.

Di Indonesia, tempe biasanya dikemas dengan daun pisang atau plastik tranparan. Namun, tempe milik pria bernama Julius Fiedler dibungkus dengan kotak kemasan yang ciamik.

Kemasan dengan desain menarik itu bertuliskan Protempeh. Dituliskan pula bahwa tempe itu dibuat dengan tangan tanpa adanya proses pasteurisasi.

Saat dibuka, tempe masih dikemas dengan plastik transparan. Fiedler kemudian memotongnya dan tampak tempe dengan warna yang cantik.

Tempe bule (TikTok @bakinghermann)
Tempe bule (TikTok @bakinghermann)

Tempe itu dipotong dadu dan digoreng dengan minyak panas. Selanjutnya, Fiedler memotong serai dan menumisnya bersama bawang putih serta sambal.

Setelah itu, ia memasukkan nasi dan minyak kemudian menumisnya sejenak. Fiedler kemudian membuat saus di wadah terpisah dengan mencampurkan kecap serta brown sugar dan dipanaskan.

Setelah berbuih, ia menambahkan cuka beras ke saus tersebut. Fiedler memasukkan potongan daun bawang, saus yang telah dibuat, serta tempe ke dalam tumisan nasi.

Ia menambahkan sambal dan perasan jeruk nipis untuk sentuhan terakhir masakannya. Nasi goreng tempe buatan Fiedler pun siap disantap.

Video ini menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Bungkus tempenya keren amat," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Wow tempe di luar negeri bungkusnya udah kayak kado ulang tahun. Lah di Indonesia cuma pakai daun pisang haha," ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Selasa (5/10/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Berita Terkait

Berita Terkini