Tips Memilih Camilan untuk Keluarga, Jangan Asal Pilih!

Jangan asal membeli, yuk simak tips dan trik memilih camilan untuk keluarga berikut ini.

Arendya Nariswari
Rabu, 01 Desember 2021 | 17:52 WIB
Camilan Stick Kentang Keju. (Shutterstock)

Camilan Stick Kentang Keju. (Shutterstock)

Guideku.com - Untuk mengganjal rasa lapar, tak jarang banyak orang menjadikan camilan sebagai pilihan. Namun ternyata, tidak semua camilan baik untuk keluarga Anda. 

Beberapa camilan berpotensi menjadi penyebab naiknya berat badan seseorang. Kurang olahraga dan aktivitas fisik serta kebiasaan ngemil tak sehat juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. 

Oleh karena itu, penting untuk kita memilih camilan sehat untuk diri sendiri dan keluarga di rumah. Kekinian sebenarnya banyak pilihan camilan menyehatkan. 

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Sementara Akibat Cuaca Ekstrem

Lalu bagaimana sebenarnya tips memilih camilan berbahan alami yang cocok disajikan kepada anak dan seluruh anggota keluarga? Berikut ulasannya.

Pakar nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health sekaligus profesor nutrisi di Simmons College di Boston, Teresa Fung mengatakan, pola makan dapat memberikan dampak besar terhadap banyak penyakit.

"Pola makan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan sepanjang siklus hidup Anda dari bayi hingga lansia," kata Fung, dikutip dari Today.

Baca Juga: Mantap! Sambut Wisatawan, Pintu Masuk ke Gunung Bromo Dibuka Kembali

Camilan telur gabus. (Dok: Istimewa)
Camilan telur gabus. (Dok: Istimewa)

Menurutnya, pola makan yang tepat adalah makan-makanan yang lebih banyak serat, minum lebih sedikit soda, sedikit garam, dan gula. Tak cuma makanan yang diperhatikan, tetapi juga ragam camilan yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Terlebih jika camilan tersebut terbuat dari bahan-bahan alami pilihan, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan gluten free. Cocok dikonsumsi sehari-hari oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari anak, dan orang dewasa tentunya.

Apalagi sekarang ini, banyak camilan yang menggunakan bahan pengawet kimia yang tidak alami. Dalam situasi itu, penting bagi orangtua cermat memahami kandungan-kandungan yang terdapat dalam camilan harian keluarga.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Terbaik di Orchad Road Singapura, Cocok untuk Staycation

Ngemil Cermat Berbahan Alami

Tidak semua camilan berdampak buruk pada kesehatan. Ada makanan ringan yang peduli terhadap bahan, kandungan, dan proses pembuatan. Salah satunya adalah Telur Gabus Kata Oma.

Brand “Asli Warisan Oma” yang didirikan Furiyanti ini ingin menjawab keinginan para Ibu agar bisa memberikan camilan nikmat kepada keluarga yang berbahan alami dengan harga terjangkau. Menariknya, telur gabus ini merupakan camilan yang tak lekang oleh waktu dan sekarang pun rasanya mengikuti taste kekinian.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Tempat Wisata di Tegal dengan Pemandangan yang Bikin Rileks

Furiyanti menjelaskan, Telur Gabus Kata Oma yakni camilan yang dibuat dengan bahan alami pilihan berkualitas tinggi, tanpa pengawet, tanpa MSG, dan gluten free, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari dan tak perlu khawatir menyebabkan batuk.

Tepung tapioka sebagai bahan dasar telur gabus ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan pencernaan. Gula aren yang merupakan gula alami dikarenakan pemrosesan minimum dan tidak ada bahan kimia, memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Sehingga memberikan beragam manfaat seperti antioksidan dan menghangatkan tubuh.

Dia menjelaskan, camilan telur gabus Kata Oma terbuat dari bahan alami. Furiyanti juga mengungkapkan perbedaan camilan telur gabus buatannya dengan telur gabus lainnya. Jawabannya, kata dia adalah "Alami dan Asli Warisan Oma".

Menurutnya, "Alami" merupakan akronim dari A: Asli warisan Oma, L: Lebih enak, renyah, dan bikin nagih, A: Aman dikonsumsi bersama seluruh anggota keluarga, M: Menggunakan bahan alami berkualitas, tanpa MSG, tanpa pengawet, dan Gluten free dan I: Indonesia banget. (Suara.com/Bimo Andria Furdika)

Berita Terkait TERKINI
Resep masakan tahu cabe garem yang bisa dibuat anak kos dikala tanggal tua....
food | 17:47 WIB
Buah pisang juga mengandung nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan. Bahkan, bila rutin mengkonsumsi pisang sebagai hida...
food | 10:29 WIB
Cromboloni merupakan satu di antara pastry yang sekarang cukup viral di media sosial. Sebab, banyak orang membagikan pen...
food | 11:04 WIB
Resep dessert pisang beku creamy, cocok untuk menu diet ini cukup mudah dibuat di rumah, dan bahan-bahannya pun mudah di...
food | 09:45 WIB
Ciptakan keceriaan Natal dengan kue kering imut bentuk manusia. Resep lembut dan dekorasi lucu, sempurna untuk menyemara...
food | 10:53 WIB
Nikmati kelezatan Cheese Burnt dengan lapisan keju gurih di luar dan kelembutan di dalam. Resep mudah untuk dicoba di ru...
food | 17:41 WIB
Asjad Burger berlokasi di Komplek Puri Suwarna No. 20, Ciganitri, Kabupaten Bandung. Meski belum memiliki toko fisik, le...
food | 14:00 WIB
Yang membuat Kedai Bakmie 168 semakin spesial adalah mie mereka diproduksi sendiri, menjamin keaslian dan kualitasnya. P...
food | 12:00 WIB
Mulai pagi hingga malam, Bale Kaoman memanjakan lidah dengan menu masakan nusantara dan jenang pada pagi-sore, kemudian ...
food | 11:00 WIB
Meski zaman terus berubah, Roti Go tetap mempertahankan daya tariknya, bahkan ketika persaingan dari bisnis-bisnis baru ...
food | 10:00 WIB
Tampilkan lebih banyak