Tak Sulit Dicari, Ini 10 Daftar Makanan Penurun Kolesterol

Agar kolesterol tak tinggi, yuk rutin konsumsi daftar makanan berikut ini.

Arendya Nariswari
Jum'at, 03 Desember 2021 | 16:13 WIB
Ilustrasi kacang. (Pixabay/Piviso)

Ilustrasi kacang. (Pixabay/Piviso)

Guideku.com - Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentu saja berbahaya untuk kesehatan tubuh individu. Oleh karenanya, beberapa orang dengan kadar kolesterol tinggi wajib menjaga pola makan dan asupan tertentu. 

Dihimpun dari laman Suara.com, diet rendah kolesterol ini mengharuskan seseorang menyantap makanan  seperti oatmeal, buah apel dan masih banyak lagi lainnya.

Makanan-makanan ini diklaim mampu membawa kolesterol jahat yang berkontribusi pada aterosklerosis penyumbatan arteri. 

Baca Juga: Seru Banget! Kafe Ini Ajak Rasakan Pengalaman Kemah Meski di Tengah Kota

Lalu apa saja makanan tambahan yang mampu membantu kolesterol turun seiring berjalannya waktu? Simak informasi lengkap berikut ini yuk. 

Tambahkan makanan penurun kolesterol LDL ini

Makanan yang berbeda jenisnya bekerja menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. Beberapa mengandung serat larut, yang mengikat kolesterol dan prekursor dalam sistem pencernaan dan menyeret mereka keluar dari tubuh sebelum mereka masuk ke sirkulasi darah.

Baca Juga: Sempat Dikira Bayi, Viral Wanita Ini Kepergok Menyusui Kucing di Pesawat

Beberapa makanan penurun kolesterol memberi Anda lemak tak jenuh ganda yang secara langsung menurunkan LDL (low density lipoprotein). Selain itu, beberapa mengandung sterol dan stanol, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Kamis (2/12/2021), berikut daftar makanan penurun kolesterol:

1. Oatmeal

Baca Juga: Tanpa Mie, Viral Aksi Cewek Makan Mie Instan Ini Bikin Publik Gagal Paham

Makanan sederhana untuk menurunkan kolesterol adalah semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin untuk sarapan. Oat ini memberi Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi.

Takaran semangkuk oat ini direkomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Barley dan biji-bijian lainnya

Baca Juga: Viral Ibu-Ibu Masak Daging Buaya Dikecapin, Publik: Pantes Udah Nggak Chat

Seperti gandum dan dedak gandum, barley dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang mereka berikan.

3. Beans/Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah alasan kacang adalah makanan yang berguna bagi orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Dengan begitu banyak pilihan kacang dari kacang merah hingga lentil, garbanzo, kacang polong, dan lainnya, serta banyak cara untuk mengolahnya, kacang adalah makanan yang sangat serbaguna.

4. Terong dan okra

Kedua sayuran rendah kalori ini merupakan sumber serat larut yang baik.

5. Nuts/Kacang

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung.

6. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, atau shortening saat memasak atau di meja membantu menurunkan kolesterol jahat.

7. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk

Buah-buahan ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

8. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol

Sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman yang bermanfaat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Kandungan penting ini biasanya ditambahkan ke makanan mulai dari margarin dan batangan granola hingga jus jeruk dan cokelat. Sterol dan stanol juga tersedia sebagai suplemen. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

9. Kedelai

Makan kedelai dan makanan yang terbuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Efeknya lebih sederhana – mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5 persen hingga 6 persen.

10. Ikan berlemak/Fatty fish 

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan mengganti daging (yang memiliki lemak jenuh penambah LDL) dan memberikan lemak omega-3 penurun LDL. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Itulah 10 makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi untuk mencapai diet rendah kolesterol. Semoga bermanfaat! (Suara.com/Cynthia Sami Bhayangkara)

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak