Cara Membedakan Keju Cheddar Asli dan Tidak, Begini Kata Pakar

Ternyata lebih dari 61 persen responden survei KRAFT tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tak semuanya berbahan utama keju cheddar.

Arendya Nariswari
Sabtu, 04 Desember 2021 | 11:22 WIB
Ilustrasi Keju (Pixabay/lipefontes0)

Ilustrasi Keju (Pixabay/lipefontes0)

Guideku.com - Produk turunan susu yang dapat melengkapi nutrisi harian individu salah satunya yakni keju cheddar. Tak hanya bergizi, segala macam hidangan semakin nikmat jika ditambahkan atau diolah dengan keju cheddar

Ternyata selain itu, keju cheddar juga diketahui membawa banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari vitamin D, kalsium hingga protein. 

Dihimpun Guideku dari laman Suara.com, Nutritionist Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes menyebutkan juga bahwa penelitian National Library of Medicine menunjukkan keju cheddar bisa meningkatkan kepadatan tulang anak. 

Baca Juga: Publik Malah Keingat Mantan, Viral Video Penjual Cireng Berbentuk Hewan

"Selain itu, keju cheddar juga bisa berperan sebagai sumber energi yang tinggi kalori agar buah hati bisa terus bergerak dan tidak mudah merasa lelah,” jelas Dr. Rita dalam kampanye #KejuAsliCheck bersama keju Kraft, Jumat (3/12/2021).

Ilustrasi Keju (pixabay)
Ilustrasi Keju (pixabay)

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Ibu untuk memastikan keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. Sayangnya ternyata masih banyak masyarakat, khususnya para ibu yang belum tahu, bahwa tidak semua keju cheddar di pasaran menggunakan keju cheddar sebagai bahan baku utamanya.

Hal tersebut sejalan dengan hasil survei KRAFT terhadap konsumen yang mengungkap bahwa, 50 persen responden yang merupakan para ibu mengatakan sering mengkonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu).

Baca Juga: Kekinian! Hyatt Driving Range Padukan Olahraga Golf dan Tempat Nongkrong

Namun, lebih dari 61 persen tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Selain itu, terungkap juga bahwa 77 persen ibu mengaku terbiasa melihat label pangan. Akan tetapi, lebih dari 48 persen tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Menyadari hal itu, Keju Kraft mengajak para Ibu untuk lebih pintar dalam cara memilih keju cheddar berkualitas yang menggunakan komposisi bahan yang tepatdengan menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck.

"Kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan melalui dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan,” jelas Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Keju Kraft.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Pasuruan Lengkap dengan Harga Tiket Masuk

Di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengonsumsi pangan.

"Hadirnya kampanye #KejuAsliCheck ini juga sesuai dengan peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), yaitu komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan yang tertinggi ke rendah. Oleh karena itu, komponen pertama pada komposisi produk keju cheddar idealnya adalah keju cheddar, bukan air ataupun bahan lainnya,” tegas Dian.

(Suara.com/Dinda Rachmawati/M. Reza Sulaiman)

Baca Juga: Mulai dari yang Legendaris hingga Kekinian, Ini 8 Kuliner Wajib di Ubud

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak