Capai Rp2,6 Triliun, Penjualan Roti di Indonesia Tertinggi Se-Asia Tenggara

Konsumsi roti masyarakat Indonesia ternyata cenderung tinggi, begini penjelasannya.

Arendya Nariswari
Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:00 WIB
Ilustrasi Roti Tawar (Pixabay/CordMediaStuttgart)

Ilustrasi Roti Tawar (Pixabay/CordMediaStuttgart)

Guideku.com - Kendati bukan makanan pokok Indonesia, faktanya warga masyarakat Tanah Air banyak yang gemar mengonsumsi roti

Dihimpun Guideku dari laman Suara.com, Head of Strategy and Growth, Dailybox Group Miranda Haryanto mengatakan konsumsi gandum per kapita untuk roti di Indonesia mencapai 4,7 kg per tahun. Diperkirakan angka tersebut akan terus meningkat menjadi 6,6 kg per tahun pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2021 saja, negara Indonesia menjadi yang paling tinggi di kawasan Asia Tenggara dalam penjualan roti. Nilainya bahkan mencapai USD 18,7 miliar atau sama dengan Rp2,6 triliun. 

Baca Juga: Agoda Merambah ke Distribusi Wholesale dengan Meluncurkan Beds Network

Namun Miranda melanjutkan, bahwa pasar roti menyayangkan kekurangan pasokan dan 68 persen roti masih diproduksi oleh pelaku SME atau industri rumahan dengan cara konvensional. 

Roti Ayam Woku dan Roti Se'i Sapi Sambal Ijo dari Dailybox (Dok. Dailybox)
Roti Ayam Woku dan Roti Se'i Sapi Sambal Ijo dari Dailybox (Dok. Dailybox)

Melihat hal tersebut, Dailybox Group resmi mengakuisisi brand Breadlife. Dengan begitu, Miranda berharap pihaknya dapat memperluas jangkauan produk roti tersebut ke seluruh Indonesia lewat optimalisasi kolaborasi omnichannel.

Strategi omnichannel sendiri menggabungkan strategi ekspansi toko online dan offline, serta sinergi sumber daya dan inovasi digital.

Baca Juga: Pakai Kostum Tak Biasa, Video Ibu-ibu Nongkrong di Kafe Ini Jadi Sorotan

"Kolaborasi omnichannel membawa kami lebih dekat dengan pelanggan. Brand akuisisi ini memungkinkan Breadlife untuk memperluas jangkauannya menggunakan resources kami yang berada di 120 titik."

"Sebaliknya, kami dapat menambah jaringan dengan memanfaatkan resources Breadlife yang terkonsentrasi di luar pulau Jawa. Hal ini sejalan dengan misi Dailybox Group untuk menjangkau lebih banyak titik di luar pulau Jawa," kata Miranda dikutip Suara.con dari siaran pers, Jumat (3/12/2021).

Di sisi lain, Miranda juga menjabarkan alasan pihaknya mengakuisisi brand roti Breadlife.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, PHRI Sumut Pastikan Tidak Ada Hotel yang Gelar Acara

Kata Miranda ada dua alasan utama, pertama karena adanya permintaan varian roti untuk melengkapi menu nasi dan lauk pauk yang ditawarkan Dailybox serta kedua, besarnya pangsa pasar roti di Indonesia yang berpotensi besar dan terus bertumbuh.

"Breadlife adalah salah satu brand roti terkemuka di Indonesia yang memiliki brand awareness yang kuat dan memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Bergabungnya Breadlife melengkapi lini produk kami yang telah ada, yaitu Dailybox, Dailymeals dan Shirato," ungkap Miranda lebih lanjut.

Sebelumnya, jika customer ingin membeli Breadlife, mereka hanya dapat mengunjungi outlet Breadlife yang berada di mall dan outlet stand-alone.

Baca Juga: Aksinya Jadi Sorotan, Aksi Cowok Borong Minimarket Ini Malah Disindir

Sekarang, dengan diakuisisinya brand Breadlife oleh Dailybox Group, selain mengunjungi outlet, pelanggan juga dapat melakukan pemesanan lewat platform pesanantar makanan online.

"Selain meningkatkan visibilitas produk, kami akan menghadirkan produk roti inovatif yang bercita rasa Indonesia dengan dukungan dari jajaran chef yang berpengalaman, yang diproduksi di central kitchen untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menjaga konsistensi dari kualitas produk," kata Nadya Puteri, Runner Up Master Chef Indonesia Season 8 sekaligus Head of Pastry Breadlife.

Untuk menandai bergabungnya kedua brand ini, akan ada mengadakan promo #BayarSukaSuka pada tanggal 4-5 Desember yang berlaku di Breadlife Lotte Kuningan untuk satu item per orang per check out.

Breadlife juga meluncurkan dua varian roti baru yang terinspirasi dari menu terlaris Dailybox yaitu Roti Ayam Woku dan Roti Se'i Sapi Sambal Ijo.

Ayam Woku merupakan signature menu dari Chef Juna Rorimpandey serta Se'i Sapi Sambal Ijo yang merupakan signature menu dari Chef Renatta Moeloek.

Dibanderol mulai dari Rp 13.500, kedua roti bercita rasa Indonesia sudah tersedia di semua gerai Breadlife dan platform digital Dailybox Group di GrabFood, GoFood, ShopeeFood dan TravelokaEats. (Suara.com/Risna Halidi)

Berita Terkait TERKINI
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Konsumsi makanan pedas ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan jantung....
food | 14:30 WIB
Mau coba bikin sandwich telur lipat? Simak resep yang dibagikan Chef Devina Hermawan berikut....
food | 12:45 WIB
Catat tempat dan tanggalnya ya!...
food | 17:13 WIB
Bisa jadi alternatif pengganti nasi, inilah beberapa sumber karbohidrat yang juga kaya nutrisi....
food | 17:26 WIB
Mau jualan apa saat bulan puasa nanti? Inilah berapa jajanan paling laris di bulan Ramadhan....
food | 16:08 WIB
Tampilkan lebih banyak