6 Makanan Khas Madura yang Wajib Dicicipi, Kaldu Kokot hingga Sate Laler

Punya nama unik, yuk simak rekomendasi 6 makanan khas Madura super lezat berikut ini.

Arendya Nariswari
Jum'at, 17 Desember 2021 | 19:32 WIB
Ilustrasi sate babi.

Ilustrasi sate babi.

Guideku.com - Bukan hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang menakjubkan. Madura juga populer dengan kulinernya yang menggugah selera. 

Cita rasa kuliner Madura tentu saja tidak hanya sate ayam nih travelers. Sebenarnya masih banyak sajian khas Madura yang wajib dicoba. 

Sebut saja nasi bebek Sinjay, kemudian sate laler dan masih banyak lagi lainnya varian kuliner khas Madura yang jadi idola wisatawan. 

Baca Juga: Kelewat Mewah, Pendaki Ini Bikin Steak Super Lengkap di Atas Gunung

Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk simak daftar 6 makanan khas Madura yang dihimpun Guideku dari laman Suara.com, Jumat (17/12/2021) berikut ini. 

1. Nasi Bebek Sinjay

Daftar tempat makan Bebek Sinjay Surabaya dan resep Bebek Sinjay Surabaya sederhana.  Bagi para pecinta bebek goreng, ketika kamu ada di Surabaya boleh nih mampir ke salah satu cabang Bebek Sinjay.
Daftar tempat makan Bebek Sinjay Surabaya dan resep Bebek Sinjay Surabaya sederhana. Bagi para pecinta bebek goreng, ketika kamu ada di Surabaya boleh nih mampir ke salah satu cabang Bebek Sinjay.

Coba cicipi nasi bebek sinjay asli Bangkalan Madura yang memang legendaris. Terdiri dari nasi hangat dan bebek goreng kering yang dimasak sempurna dengan tekstur lembut, anti alot, dan bagian luarnya crispy.

Baca Juga: Bikin Kentang Goreng 15 Jam, Hasilnya Malah Bikin Warganet Khawatir

Bebek sinjay ditaburi serundeng khas Madura yang enak. Ditemani sambal mangga muda yang menggugah selera beserta lalapan segar. Hmm.. makanan khas Madura ini memadukan rasa pedas, gurih, dan segar di mulut. Nasi bebek sinjay setelah habis dilahap, tutup dengan es kelapa muda yang menyegarkan. Perfect!

2. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot khas Madura [instagram @sumenepsuperhits]
Kaldu Kokot khas Madura [instagram @sumenepsuperhits]

Bayangkan Anda menyantap makanan khas Madura dengan kacang hijau yang dimasak dengan kaldu daging dan sumsum atau kikil sapi beserta tulangnya. Dari tampilannya, Anda bisa merasakan gurihnya kaldu kokot dengan kuah berlemak ini. Berisi daging yang tebal dan lembut. DIjamin Anda pasti suka!

Baca Juga: Tak Diajak ke KFC oleh Kakak Tiri, Curhat Warganet Ini Tuai Simpati Publik

3. Bebek Songkem

Olahan khas Sampang, Madura ini sepintas mirip dengan bebek yang dipepes. Bebek berkualitas baik dibumbui dengan bumbu rempah khas dan dibungkus dengan daun pisang. Bebek rendah kalori ini menawarkan aroma yang sedap lagi nikmat. Menyesapi daging yang lembut, Anda akan merasakan cita rasa gurih yang maknyuss!

4. Nasi Jagung

Baca Juga: Pasang Spanduk Nyentrik, Warung Nasi Goreng Ini Bikin Publik Salfok

Mungkin makanan satu ini pernah Anda dengar atau bahkan pernah disantap di luar Madura. Namun tak ada salahnya Anda mencoba nasi jagung sebagai makanan khas Madura ini. Nasi jagung dijamin mengenyangkan karena berasal dari campuran beras dan jagung yang dimasak pulen dan disajikan dengan berbagai lauk pilihan. Mulai dari urap atau gudangan, pepes ikan atau ayam, penyet ikan, teri, dan lalapan lainnya. Rasanya pedas, enak, gurih, dan pasti mengenyangkan! Nasi jagung bisa dijumpai di berbagai pasar tradisional di Madura.

5. Sate Laler

Dari namanya sate laler memang unik, yang artinya laler adalah lalat. Makanan khas Madura tepatnya dari Pamekasan ini menyajikan sate daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Ukurannya yang kecil digambarkan sebagai lalat, sehingga dinamakan sate laler. Soal kualitas rasanya sama dengan sate khas Madura lainnya.

6. Soto mata sapi

Soto Mata Sapi khas Madura [instagram @waskithowee]
Soto Mata Sapi khas Madura [instagram @waskithowee]

Soto mata sapi bukan menu telur mata sapi, namun dimasak dengan mata sapi sungguhan. Mata sapi dan tulang sapi disiram dengan bumbu soto khas Madura yang segar dan sedap. Sajian segar ini cocok disantap saat cuaca dingin. Harga seporsi soto mata sapi sangatlah terjangkau!

(Suara.com/Arendya Nariswari/Yulia Kartika Dewi)

Berita Terkait TERKINI
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Berikut resep dan cara membuat makanan khas Thailand, mango sticy rice....
food | 14:22 WIB
Tampilkan lebih banyak