Bikin Daging Babi Vegan, Bahan yang Dipakai Sungguh Tak Disangka

Daging babi atau bacon vegan ini dibuat dari bahan yang tak terduga.

Hiromi Kyuna
Senin, 03 Januari 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi Bacon (Pixabay/MarkusHendrich)

Ilustrasi Bacon (Pixabay/MarkusHendrich)

Guideku.com - Saat ini para vegan cukup kreatif membuat makanan tanpa daging, telur, atau susu dengan rasa yang nikmat. Vegan sendiri berbeda dengan vegetarian di mana mereka memutuskan tak menyantap makanan dari hewan serta turunannya seperti telur, madu dan susu. Tapi apa jadinya jika ada seorang warganet yang membuat daging babi vegan?

Seorang wanita berbagi cara membuat bacon atau daging babi vegan yang ia buat di rumah. Proses pembuatannya ia bagikan melalui akun TikTok @sastiaroria.

Dalam unggahan tersebut, wanita ini menggunakan bahan yang tak biasa yaitu kulit pisang. Ia juga mengaku cukup terkejut saat mengetahui resep ini.

Baca Juga: Semangat Membara Memasak Yakiniku, Kelakuan Koki Jepang Ini Jadi Sorotan

"Jujur waktu pertama kali gue lihat resep ini gue kayak 'hah? Kulit pisang? Dimakan? Emang bisa? Tapi ya karena gue penasaran, dicoba dulu kali ya," ujar wanita ini dalam video berdurasi 44 detik tersebut.

Ternyata cara buatnya pun sangat mudah. Ia mencuci kulit pisang terlebih dulu hingga bersih.

Daging babi vegan (TikTok @sastiaroria)
Daging babi vegan (TikTok @sastiaroria)

Setelah itu, bagian dalam kulit pisang akan ia kerok dan hanya menggunakan bagian luarnya saja. Kulit pisang tersebut lantas dimarinasi dengan sejumlah bumbu di antaranya kecap asin, maple syrup, garam, lada, bubuk bawang putih, dan bubuk paprika.

Baca Juga: Borong 100 Tiket Nonton Bioskop, Teater Langsung Penuh Spiderman

Wanita ini mendiamkan kulit pisang yang dimarinasi itu selama 10 sampai 15 menit. Menurutnya, semakin lama dimarinasi, cita rasa yang dihasilkan nantinya akan makin nikmat.

Setelah itu panggang kulit pisang beserta bumbunya dengan sedikit minyak. Gunakan api kecil dan masak sampai kering,

Menurutnya daging babi vegan ini terasa nikmat dan rasanya mirip dengan keripik pisang.

Baca Juga: Viral Kupas Mangga Super Tebal, Sukses Bikin Warganet Naik Darah

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Dari wortel juga bisa lho kak. Rasanya pun mirip," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Nggak apa-apa kok kulit pisang dimakan. Dulu aku pas sekolah kimia industri sering bikin produk makanan pakai limbah kulit buah," ujar warganet ini.

"Kulit pisang emang bisa dimakan kak. Pernah diceritain mama katanya jaman penjajahan dulu kulit pisang pun dimakan dan di kulitnya juga bermanfaat," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Senin (3/1/2021), video daging babi vegan dari kulit pisang ini telah viral dan sudah ditonton sebanyak lebih dari 800 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak