Wajib Waspada! BPOM Beberkan 6 Kopi Sachet Ini Mengandung Paracetamol

Tak hanya paracetamol, keenam kopi sachet ini juga disebut mengandung obat kuat tak berizin. Simak selengkapnya berikut ini.

Arendya Nariswari
Senin, 07 Maret 2022 | 09:13 WIB
Ilustrasi kopi paling mahal di dunia. (Pixabay/Shixugang)

Ilustrasi kopi paling mahal di dunia. (Pixabay/Shixugang)

Guideku.com - Bagi para penikmat kopi sachet, ada baiknya Anda mulai waspada dengan sejumlah merek. Bukan tanpa alasan, sebab Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum lama ini menemukan kandungan tak terduga di dalam kopi sachet. 

Dihimpun dari laman Suara.com, BPOM menemukan kandungan parasetamol dan juga viagra obat kuat lelaki di dalam produk kopi sachet tersebut.

Padahal sejatinya, bahan kimia obat (BKO) ini penggunaanya dilarang untuk digunakan dalam pangan olahan dan juga obat tradisional. 

Baca Juga: Nikmati Pisang dengan Cara Tak Terduga, Pria Ini Bikin Publik Heran

Jika tidak digunakan sesuai dosis yang ditentukan, tentu saja bahan kimia obat tersebut dapat berisiko dan memberikan efek samping bagi kesehatan seseorang. 

“Bahan kimia obat merupakan bahan yang dilarang digunakan dalam obat tradisional dan pangan olahan. Bahan kimia obat seperti parasetamol dan sildenafil merupakan bahan yang digunakan untuk produksi obat. Jika tidak digunakan sesuai aturan pakai (dosis), bahan kimia obat ini dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan," kata Kepala BPOM RI Penny K. Lukito, Minggu (6/3/2022).

Dari hasil operasi, secara rinci ditemukan produk jadi berupa 15 jenis (5.791 pcs) pangan olahan mengandung BKO dan 36 jenis (18.212 pcs) obat tradisional mengandung Bahan Kimia Obat.

Baca Juga: Jatuhkan Kue yang belum Dimakan, Wanita Ini Bikin Publik Ikutan Sedih

"Kemudian ditemukan juga bahan produksi dan bahan baku berupa 32 Kg bahan baku obat ilegal mengandung Parasetamol dan Sildenafil, 5 Kg produk ruahan/bahan campuran setengah jadi, cangkang kapsul serta bahan kemas aneka jenis seperti aluminium foil untuk sachet, karton, plastik, dan hologram. Pada lokasi tersebut ditemukan juga beberapa alat produksi sederhana," ujarnya.

Ada pun bukti pangan olahan dan obat tradisional yang ditemukan merupakan kopi saset dengan merek antara lain, Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung. Produk-produk tersebut diduga mengandung BKO Paracetamol dan Sildenafil. Kepala Badan POM, Penny K. Lukito.

"Penggunaan bahan kimia obat Parasetamol dan Sildenafil secara tidak tepat dapat mengakibatkan efek samping yang ringan, berat bahkan sampai menimbulkan kematian. Parasetamol dapat menimbulkan efek samping mual, alergi, tekanan darah rendah, kelainan darah, dan jika digunakan secara terus-menerus dapat menimbulkan efek yang lebih fatal seperti kerusakan pada hati dan ginjal," ujar Penny.

Baca Juga: Jalani Karantina di Malaysia, Menu yang Disantap Wanita Ini Jadi Sorotan

Sedangkan sildenafil dapat menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan seperti mual, diare, kemerahan pada kulit, hingga reaksi yang lebih serius seperti kejang, denyut jantung tidak teratur, pandangan kabur atau buta mendadak, bahkan dapat menimbulkan kematian.

“Nilai keekonomian barang bukti ini diperkirakan mencapai 1,5 miliar rupiah," ungkap Kepala Badan POM.

BPOM sebelumnya telah melakukan pemantauan dan analisis terhadap penjualan online produk pangan olahan mengandung BKO dengan merek Kopi Jantan pada periode Oktober–November 2021.

Baca Juga: Minuman Pesanan Driver Ojol Jatuh di Jalan, Aksi Pasutri Ini Bikin Salut

Hasil pemantauan tersebut menunjukkan penjualan produk tersebut memiliki nilai transaksi rata-rata sebesar 7 miliar rupiah setiap bulannya.

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak