Enggan Aroma Sambal Terasi Tercium di Rumah, Wanita Ini Punya Ritual Unik

Cara yang dilakukan wanita ini usai membuat sambal terasi membuat publik tertawa.

Hiromi Kyuna
Kamis, 14 Juli 2022 | 20:48 WIB
Ilustrasi sambal. (Pexels/Ponyo Sakana)

Ilustrasi sambal. (Pexels/Ponyo Sakana)

Guideku.com - Sambal terasi merupakan salah satu pelengkap makanan yang banyak disukai. Sayangnya, saat pembuatan sambal terasi, aroma menusuk kerap kali tercium.

Tak jarang hal ini membuat banyak orang merasa terganggu dengan aromanya. Seorang wanita berbagi cara yang ia lakukan saat hendak membuat sambal terasi di rumah.

Hal itu ia bagikan melalui akun TikTok @rizadanmonikaa. Wanita ini tinggal di Turki dan cukup rindu dengan sambal terasi khas Indonesia.

Baca Juga: Viral Pria Bikin Mi Instan Campur Yogurt, Rasanya di Luar Dugaan

Ia lantas memutuskan untuk membuat sendiri sambal terasi namun berusaha membuat aroma yang tercium di rumah seminimal mungkin. Pertama, terasi utuh ia goreng di minyak panas dan dengan segera dirinya menutup penggorengan.

Penggorengan tersebut lantas ia bawa ke balkon karena jika tetap di dapur aromanya bisa bertahan cukup lama. Sesudah itu terasi langsung ditumbuk hingga halus dan dimasukkan ke dalam sambal yang sudah terlebih dulu dibuat.

Masak sambal terasi (TikTok @rizadanmonikaa)
Masak sambal terasi (TikTok @rizadanmonikaa)

Sambal itu lalu ia aduk dan dengan cepat ditutup karena aroma semerbak terasi sudah muali tercium. Selanjutnya wanita ini menumis bawang bombay hingga matang dan harum.

Baca Juga: Auto Teringat Rumah, Wanita Ini Nangis Usai Icip Nasi Goreng di Korea

Penggorengan berisi daun bombay tersebut kemudian ia bawa keliling rumah. Hal ini dilakukan agar aroma bombay goreng bisa menutup bau terasi yang sudah tercium lebih dulu.

"Setelah kehitaman gini aku bawa keliling dalam rumah biar bau bawangnya menyebar dan bau terai hilang," ujarnya di akhir video.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut.

Baca Juga: Berbagi Makanan untuk Kucing Liar, Video Anak Jalanan Ini Mendadak Viral

"Bawa bawang keliling rumah udah kayak ritual aja wkwk," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Sedikit tips, lebih baik dikukus terasinya. Nggak bau dan awet banget. Tinggal masukin toples kedap udara," ujar warganet ini.

"Kak beli sambal terasi yang instan aja please. Repot banget lihatnya. Capek, kasihan," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Baca Juga: Viral! Gegara Salah Tuang Bahan, Penampakan Lontong Ini Jadi Pink Unyu

Sementara itu, hingga Kamis (14/7/2022), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 8 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Berita Terkait TERKINI
Mau bikin nasi kebuli untuk disajikan pada Hari Raya Idul Fitri? Berikut resepnya....
food | 10:00 WIB
Rasa keju gurih yang kuat dari kue ini membuat kastengel menjadi favorit banyak orang, terutama untuk menyambut Idul Fit...
food | 11:00 WIB
Tak harus jauh-jauh ke Solo, bikin es teh kampul sendiri di rumah, yuk!...
food | 11:40 WIB
Supaya hidangan opor ayam tidak cepat basi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan....
food | 12:20 WIB
Coba bikin spaghetti yang lezat di rumah, yuk!...
food | 14:37 WIB
Mulai dari aneka kolak hingga gorengan, berikut deretan ide menu takjil Ramadan....
food | 15:52 WIB
Simak resep ayam kukus jahe di bawah ini!...
food | 15:29 WIB
Berikut resep kimbap sederhana yang bisa jadi pilihan menu buka puasa....
food | 11:26 WIB
Berbuka puasa hendaknya tidak hanya dengan minuman yang menyegarkan, tetapi juga tetap sehat....
food | 10:34 WIB
Mitos atau fakta? Benarkan nasi beku lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes?...
food | 17:17 WIB
Tampilkan lebih banyak